Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Rachel Maryam Ingin Presiden Gunakan Helikopter Buatan Lokal

Rachel Maryam Ingin Presiden Gunakan Helikopter Buatan Lokal

rachel-maryam-ingin-presiden-gunakan-helikopter-buatan-lokal-pmx
Sketsanews.com – Pemerintah melalui TNI Angkatan Udara (AU) diminta mempertimbangkan memilih helikopter produk dalam negeri untuk helikopter kepresidenan.

Hal itu diungkapkan Anggota Komisi I DPR Rachel Maryam Sayidina menanggapi rencana pembelian helikopter tipe AW101 buatan AgustaWestland, perusahaan Italia dan Inggris. Pemerintah berencana membeli pesawat helikopter tersebut untuk menggantikan Super Puma, helikopter kepresidenan saat ini.

Menurut Rachel, sebaiknya pemerintah mempertimbangkan menggunakan pesawat buatan PT Dirgantara Indonesia (PTDI). “Saya menyarankan agar pemerintah bisa bersikap lebih bijaksana dengan membeli produk helikopter dalam negeri saja daripada membeli AW101,” ujar Rachel kepada Sindonews.com, Senin (30/11/2015).

Dia menjelaskan, langkahnya itu sejalan dengan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2012 tentang Industri Pertahanan yang mengamanatkan untuk memprioritaskan penggunaan industri pertahanan dalam negeri.

Apalagi, PTDI sudah memberi sinyal bahwa mereka mampu untuk membuat helikopter yang spesifikasinya tidak jauh berbeda dengan AW101. “Tidak ada alasan lain untuk tidak menggunakan helikopter buatan PTDI,” ujar anggota Fraksi Partai Gerindra itu.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan berpendapat, tingkat keselamatan helikopter Agusta Westland AW101 paling terbaik. Dia menjelaskan, pertimbangan TNI AU memilih helikopter AW101 itu karena aspek keamanannya. “Saya sudah cek kepada ahlinya, memang Agusta itu tingkat keselamatan untuk VVIP (very very important person) adalah yang terbaik,” jelasnya beberapa waktu lalu. (Su)

%d blogger menyukai ini: