Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Fokus Ekonomi Rakyat, Bukan Beli Helikopter Presiden

Fokus Ekonomi Rakyat, Bukan Beli Helikopter Presiden

fokus-ekonomi-rakyat-bukan-beli-helikopter-presiden-wNl
Sketsanews.com – Rencana pembelian helikopter kepresidenan dianggap tidak mendesak. Seharusnya pemerintah Joko Widodo (Jokowi) fokus pada ekonomi.

Melansir Sindonews.com, Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo mengatakan, “Sebaiknya fokus saat ini pembangunan ekonomi rakyat, bukan membeli helikopter kepresidenan,” ujarnya, Jakarta, Selasa (1/12/2015).

Senada dengan pandangan pengamat politik Universitas Al-Azhar Indonesia Rahmat Bagja. Menurutnya pembelian tersebut belum dibutuhkan mengingat segi ancaman terhadap Kepala Negara di Indonesia tidak sebesar negara lain seperti Amerika Serikat (AS).

Dia menjelaskan, “Kita bukan seperti AS, ancaman Kepala Negara cukup besar. Presiden Jokowi tidak seperti Presiden Soekarno. Jokowi kan tidak pernah diserang, berbeda dengan Soekarno saat memimpin diserang enam kali oleh separatis,” jelasnya.

Meskipun pembelian helikopter kepresidenan diperlukan, maka seyogianya pemerintah membeli helikopter buatan PT Dirgantara saja, bukan helikopter buatan Agusta Westland AW101. “Untuk Jokowi sebenarnya cukup menggunakan helikopter Super Puma, tinggal spesifikasi teknologinya ditambah. PT DI bisa membuat Super Puma apalagi sudah mengantongi sertifikat pembuatan dari AS,” tandasnya.

Rencana pembelian helikopter kepresidenan sendiri sudah dicanangkan oleh pemerintah. Pembelian tersebut telah masuk dalam Renstra Minimum Essential Force (MEF) II 2015-2019. Heli yang terpilih untuk digunakan presiden, wakil presiden, dan tamu negara bersifat very very important person (VVIP) itu adalah Agusta Westland AW101. (Su)

%d blogger menyukai ini: