Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Motif Sudirman Said Edit Isi Rekaman Freeport Dipertanyakan

Motif Sudirman Said Edit Isi Rekaman Freeport Dipertanyakan

motif-sudirman-said-edit-isi-rekaman-freeport-dipertanyakan-oYI
Sketsanews.com – Wakil Ketua MKD dari Fraksi PDIP Junimart Girsang mempertanyakan motif Menteri ESDM Sudirman Said memotong-motong atau mengedit alat bukti rekaman percakapan antara Ketua DPR Setya Novanto, pengusaha M Reza Chalid dan Dirut PT Freeport Maroef Sjamsoeddin.

Menurut keterangan Maroef dalam persidangan etik di MKD, dia menyerahkan bukti pertemuan dalam dua tahap. Pertama berupa transkrip percakapan dan kedua berupa sebuah flashdisk berisi rekaman percakapan berdurasi 1 jam 27 menit.

Pengakuan Maroef ini berbeda dengan fakta bahwa Sudirman hanya menyerahkan sebuah transkrip percakapan dan rekaman berdurasi 11 menit kepada MKD. Junimar berjanji, pihaknya akan kembali memanggil Sudirman untuk dimintai keterangan soal rekaman tersebut.

Melansir Sindonews.com, Junimart mengatakan, “Waktu Sudirman membuat laporan ke MKD, dia serahkan transkrip tiga lembar dan menyusulkan flashdisk berisi rekaman kurang dari 12 menit,” tuturnya di ruangan MKD, Gedung DPR, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (3/12/2015).

Dia menambahkan, “Keterangan Pak Maroef tadi menyerahkan flashdisk ke Sudirman said berdurasi 1 jam 27 menit. Ini akan menjadi bahan kajian kita, apakah bisa disebut barang bukti diedit-edit lalu diserahlan ke MKD,” imbuhnya.

Diakui Junimart, pihaknya masih menggali dugaan pencatutan nama presiden dan wakil presiden yang diajukan Ketua DPR Setya Novanto. Hingga kini, belum ada kesimpulan apakah Novanto terbukti mencatut nama kepala negara. “Itu nanti kita gali, ini belum tuntas,” pungkasnya. (Su)

%d blogger menyukai ini: