Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, Internasional, News Bom Mobil ISIS ?, Gubernur Aden Tewas Bersama 5 Pengawalnya di Yaman

Bom Mobil ISIS ?, Gubernur Aden Tewas Bersama 5 Pengawalnya di Yaman

Sketsanews.com – Gubernur kota Aden, Yaman, Mayor Jenderal Mohammed Saad Jaafar dan lima pengawalnya tewas ketika bom mobil meledak saat konvoi nya berlalu yang diklaim oleh Negara Islam Irak dan Levant (ISIL) pada Minggu (6/12/2015).

@AlArabiya_Eng |#ISIS claims killing of #Aden governor in #Yemen | 22.15 – 6 Des 2015

Media AlJazeera versi bahasa Inggris menginformasikan, Insiden itu terjadi pada hari Minggu (6/12/2015) di distrik Tawahi Aden di selatan negara Yaman.

ISIL, dalam sebuah pernyataan yang diposting pada media sosial, mengatakan mobil sarat bahan peledak diledakkan pada saat konvoi Saad lewat. Kelompok ini berjanji akan menjalankan operasi yang lebih banyak terhadap apa yang disebut “Pemimpin yang murtad di Yaman.”

Terrormonitor.org ‏@Terror_Monitor | #YEMEN #ISIS Released English Statement Claims Responsibility For Killing Of #Aden Governor |

ISIL juga memposting foto, yang dikatakan sebagai kendaraan jebakan berupa mobil van putih, menjebak konvoi Saad saat melaju melewatinya, maka dua foto lain dari bola api raksasa yang katanya diambil sebagai bom meledak.

Tawahi dalam beberapa bulan terakhir menjadi benteng bagi beberapa kelompok bersenjata, termasuk al-Qaeda yang berjuang dengan memperluas di seluruh wilayah.

@Miriam411| #Yemen: Reports that the governor of #Aden was assassinated in IED attack in at-Tawahi | 14.05 – 6 Des 2015

Saad baru saja diangkat gubernur dan dikenal sangat dekat dengan Presiden Abd Rabbu Mansour Hadi, yang kembali ke Aden bulan lalu setelah beberapa bulan berada di pengasingannya di Riyadh, Arab Saudi.

Pasukan Pro-Hadi, didukung oleh koalisi yang dipimpin Arab, telah berjuang melawan pemberontak Houthiyang didukung Iran di Yaman sejak Maret, ketika Houthi menyerbu ibukota, Sanaa, dan sebagian selatan – memaksa pemerintah Hadi melarikan diri.

Pembunuhan Saad datang sehari setelah utusan PBB di negara itu mengadakan pembicaraan dengan Hadi di Aden yang bertujuan membantu mendorong perundingan damai antara pihak yang bertikai.

Pada hari Sabtu, orang-orang bersenjata bertopeng pada sepeda motor melakukan serangan terpisah pada kendaraan di Aden, menewaskan Kolonel Aqil al-Khodr, seorang pejabat intelijen militer, dan Hakim Mohsen Alwan, yang dikenal karena menghukum pejuang al-Qaeda.

Tiga orang lainnya tewas dalam serangan di Alwan, yang tidak segera diklaim.

Berbicara kepada Al Jazeera dari Sana’a, Hisham al-Omeisy, seorang analis politik Yaman, mengatakan pembunuhan gubernur mengikuti pola pembunuhan politik lainnya di Aden dalam beberapa bulan terakhir.

“Mayor Jenderal Mohammed Saad Jaafar adalah pro-pemisahan dari Yaman selatan dan berada di bawah banyak tekanan,” kata Omeisy.

“Dia diblokir untuk menyambangi kantornya beberapa kali dalam beberapa minggu terakhir dan gerakan di kota itu sangat terbatas. Untuk banyak orang di Aden, serangan ini tidak datang sebagai kejutan,” pungkasnya.

(in)

%d blogger menyukai ini: