Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Reza Chalid Dipanggil MKD Besok, Akankah Datang Beri Kesaksian?

Reza Chalid Dipanggil MKD Besok, Akankah Datang Beri Kesaksian?

Sketsanews.com – Sebelum meminta keterangan Menkopolhukam Luhut Pandjaitan, MKD akan lebih dulu memanggil pengusaha Reza Chalid Senin (14/12) besok. Akankah Reza datang memenuhi panggilan MKD?

“Besok hari Senin pukul 10.00 WIB kita panggil kembali Reza Chalid, baru kemudian pukul 13.00 WIB mengundang Pak Luhut Pandjaitan,” ucap anggota MKD Sukiman saat dikonfirmasi, Minggu (13/12/2015).

Sumber foto : Kabar24.com
Sumber foto : Kabar24.com

Dikutip dari detik.com, politisi PAN itu menyebut pemanggilan dua orang itu berdasarkan rapat internal pimpinan MKD yang terdiri dari 4 orang. Belum diketahui apakah Reza akan hadir dalam pemanggilan kedua ini. Namun jika tak hadir sekali lagi, taipan minyak itu akan dipanggil paksa polisi.

“Kalau kita tidak bisa panggil pertama dan kedua, maka ketiga sesuai tata beracara MKD memminta penegak hukum untuk memanggil paksa,” ujar anggota komisi II DPR itu.

Reza diketahui sudah berada di luar negeri setelah kasus Novanto bergulir dalam tiga persidangan di MKD. Keterangan Reza dibutuhkan sebagai saksi karena terlibat langsung dalam pertemuan yang menjadi laporan Sudirman Said.

Pertemuan dimaksud digelar 8 Juni 2015 antara Novanto, Reza Chalid dan Maroef Sjamsoeddin. Sudirman melaporkan dalam pertemuan itu Novanto meminta saham PT Freeport dan mencatut nama Presiden dan Wapres.

Sementara itu, terhadap pemanggilan Luhut Pandjaitan, ada perdebatan di internal soal urgensi memanggil Luhut. Senior Partai Golkar itu dianggap tak punya urgensi untuk dipanggil MKD karena tak ada dalam pertemuan.

“Nanti kita ikuti saja alur persidangannya. Mudah-mudahan kedatangan beliau (Luhut) main terang persoalan ini,” ujar Sukiman soal pemanggilan Luhut.

Sebelumnya, anggota MKD Syarifuddin Sudding menyebut tidak ada urgensi memanggil Luhut. “Saya nggak paham untuk apa panggil Pak Luhut, dia kan hanya disebut namanya dan tidak terlibat dalam pertemuan. Saya kira tidak ada urgensinya,” kata Sudding kepada wartawan, Minggu (13/12/2015).

Sudding sendiri merasa tak diajak bicara soal rencana pemanggilan Luhut. Dia justru dapat kabar itu dari memantau media, termasuk penjelasan Luhut yang berapi-api menyatakan siap dipanggil MKD.

Luhut sudah mengkonfirmasi akan hadir pada pukul 13.00 WIB besok. Mantan Kepala Staf Kepresidenan itu meminta persidangan dibuka untuk umum. Namun, sikap Luhut yang justru meminta dipanggil MKD, menuai spekulasi MKD hanya menuruti kemauan Luhut. (An/detik)

%d blogger menyukai ini: