Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Setya Novanto Resmi Mundur, Next?

Setya Novanto Resmi Mundur, Next?

Sketsanews.com – “Terhitung sejak Rabu 16 Desember 2015, dinyatakan berhenti dari ketua DPR periode 2014-2019,” kata Ketua (Mahkamah Kehormatan Dewan) MKD Surahman Hidayat di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (16/12/2015).

 

Setya Novanto Mundur dan Minta Maaf

“Saya mohon maaf kepada seluruh rakyat Indonesia atas tugas-tugas yang saya jalani. Semuanya demi rakyat, demi bangsa Indonesia,” kata Novanto dalam jumpa pers di rumahnya, Jl Wijaya III, Jakarta Selatan, Rabu (16/12/2015).

Surat Pengunduran Setya Novanto

Perihal: Pernyataan Pengunduran Diri Sebagai Ketua DPR RI
Jakarta 16 Desember 2015
Kepada Yth Pimpinan DPR RI di Jakarta

Sehubungan dengan perkembangan penanganan dugaan pelanggaran etika yang sedang berlangsung di Mahkamah Kehormatan Dewan maka untuk menjaga harkat dan martabat serta kehormatan lembaga DPR RI serta demi menciptakan ketenangan masyarakat maka dengan ini saya menyatakan pengunduran diri sebagai Ketua DPR RI periode keanggotaan 2014-2019.

Demikian pernyataan pengunduran diri ini saya buat dengan tulus. Semoga bermanfaat demi kepentingan bangsa, negara, dan rakyat Indonesia.

Hormat Saya
(tanda tangan di atas materai)

Drs Setya Novanto Akt.
Nomor Anggota A-300

 

Sidang Pelanggaran Etika Ditutup

Atas mundurnya Setya, kata Surahman, maka sidang dugaan pelanggaran etik Setya Novanto dinyatakan ditutup. Artinya tidak ada lagi pembahasan tentang kasus ini.

“Sidang dinyatakan ditutup,” tegasnya.

Seperti diketahui, Setya Novanto menyerahkan surat pengunduran diri sebagai ketua DPR ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). Hasil sidang, 10 anggota MKD memberikan sanksi sedang, sedangkan 7 anggota meminta sanksi berat.

 

Jokowi “Ngakak” Tertawa Senang

Entah disengaja atau tidak, undangan para pelawak menepati momen mundurnya Setya Novanto.
“Sepertinya bapak capek dan ingin tertawa bareng para pelawak,” kata sumber orang dalam Istana yang tak mau disebut namanya dikutip dari Antara, Rabu (16/12/2015).

Jokowi sedang duduk di sisi Andre Taulany, Dorce, Nunung, dan Cak Lontong. Sementara di hadapannya tak bosan berbicara si Jarwo Kwat, Sule, Parto, dan Aziz. Wajar jika Presiden pun akhirnya bisa ‘ngakak’ dikutip dari Merdeka.

Radio PRFM Bandung ‏@PRFMnews | Jokowi Ajak Makan para Pelawak di Istana

 

JK : Telat …

“Pertama itu menurut saya cara yang baik, tapi sedikit telat. Harusnya mundurnya minggu lalu, tapi okelah, baguslah,” kata JK di kediaman dinasnya, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (16/12/2015), dikutip dari Merdeka.

“Bagaimanapun mundur atau tidak akan dimundurkan. Sudah tak ada arti lagi, karena besok juga harus mundur. Tanpa minta mundur besok juga mundur,” imbuhnya.

 

Jaksa Agung tetap usut dugaan pemufakatan jahat  “papa minta saham”

Jaksa Agung Muhammad Prasetyo mengatakan pengusutan dugaan pemufakatan jahat yang kini masih diselidiki Kejaksaan Agung (Kejagung) akan semakin mudah.

“Mudah-mudahan (mempermudah proses penyelidikan), dengan dia mundur, dia tidak lagi memiliki kapasitas yang dia punyai sekarang,” kata Prasetyo saat berbincang, Rabu (16/12/2015).

Baca Sebelumnya : Fakta Miris Dibalik Tweets #SetyaNovantoHebat

Namun Prasetyo menyebut bahwa dengan pengunduran diri Novanto tak terlalu berpengaruh dengan proses penanganan. Prasetyo memastikan bahwa ada indikasi tindak pidana korupsi yang terjadi dalam pertemuan ‘papa minta saham’ yang dilakukan oleh Novanto tersebut.

“Tapi hal itu tidak usah dipermasalahkan, yang pasti ada indikasi korupsi yang saat ini kita dalami, kita tunggu saja lah seperti apa nantinya. Yang penting kita jalan terus,” ujar Prasetyo.

(in)

%d blogger menyukai ini: