Sketsa News
Home News Kronologis Bentrokan Mahasiswa Kedokteran FK-UISU – 7 Ditahan

Kronologis Bentrokan Mahasiswa Kedokteran FK-UISU – 7 Ditahan

Sketsanews.com – Hampir Seratus orang, sebagian besar mahasiswa bentrok, perang batu di Kampus Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara (FK-UISU) di Jalan SM Raja, Medan pada Kamis (17/12/2015) pagi.

Sumut Actual News ‏@SumutActual Mahasiswa Kedokteran UISU Bentrok, Dilatarbelakangi Dualisme kepengurusan

Kronologis Bentrokan Antar Mahasiswa Fakultas Kedokteran UISU

Laman MedanSatu melaporkan, Bentrokan ini berawal saat ratusan massa dari kubu Syariani yang berkampus di Jalan Karya Bakti, Kecamatan Medan Johor, mendatangi Kampus Fakultas Kedokteran di Jalan SM Raja yang dikuasai kubu Helmi.

Begitu tiba di kampus itu, mereka dihadang ratusan mahasiswa, petugas sekuriti dan dosen dari kubu Helmi. Tak lama setelah adu mulut, kedua belah pihak langsung terlibat perang batu. Akibat kejadian ini arus lalulintas di Jalan SM Raja dan sejumlah jalan di kawasan pusat kota pun macet total.

Kerusuhan ini berlangsung lama, karena massa kubu Syariani dengan Rektor Profesor Zainuddin terus menyerang dan berusaha masuk kampus. Massa dari kubu Helmi pun balik menyerang dan berusaha mempertahankan kampus yang mereka kuasai.

Karena kalah jumlah, massa kubu Helmi pun kucar-kacir, dan masuk ke dalam kampus. Baku pukul pun tak terhindarkan. Karena terus merangsek masuk, akhirnya kubu Syariani berhasil menguasai kampus tersebut. Meski demikian, ratusan massa kubu Helmi terus bertahan di dalam kampus. Seorang pria dari kubu Helmi terlihat jadi bulan-bulanan dan dipukuli massa dari kubu Syariani.

Setelah bentrokan berlangsung satu jam lebih, puluhan petugas dari Sat Sabhara Polresta Medan tiba di lokasi. Petugas langsung membubarkan massa dan memisahkan kedua kubu yang terlibat bentrokan. Mahasiswa darin kubu Helmi yang berada di dalam kampus, lalu dievakuasi petugas menggunakan truk.

 

Bentrokan sudah berulang 8 tahun dan yang legal dipimpin oleh Rektor Profesor Zainuddin

Kepada wartawan di lokasi, Wakil Sekretaris Umum UISU Medan, Muhammad Idris mengatakan, berdasarkan keputusan Kopertis Wilayah I Sumut-Aceh, Yayasan yang diakui dan memiliki legalitas adalah yayasan yang saat ini dipimpin oleh Rektor Profesor Zainuddin.

“Saat ini Yayasan UISU yang diketuai oleh Professor Zainuddin adalah yang sah, dan telah dimandatkan oleh Kopertis dan pemerintah. Mahasiswa kami hanya meminta kasus tersebut segera diselaikan secara baik-baikm tanpa ada keributan,” katanya.

Bentrokan dua kubu Yayasan UISU ini telah terjadi berulang kali sejak 8 tahun lalu. Masing-masing mengaku sebagai kubu yang sah.

Bentrokan Antar Mahasiswa Kedokteran FK-UISU, Polisi masih menahan 7 orang |@HaslanTambunan

Polresta Medan Menahan 7 Orang dan Membebaskan 34 Orang

Pewarta SerambiNews yang mengutip dari sumber kepolisian mengabarkan, Polresta Medan masih menahan tujuh orang terkait bentrokan antar-mahasiswa FK Universitas Islam Sumatera Utara (UISU). Tidak tertutup kemungkinan dalam waktu dekat status ketujuhnya akan ditingkatkan menjadi tersangka.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Helfi Assegaf, Jumat (18/12/2015) petang, menjelaskan ketujuh orang itu terdiri dari mantan mahasiswa dan satpam bayaran dari versi UISU Almunawaroh.

Mereka sengaja berada di dalam kampus FK UISU untuk menghalau mahasiswa dari versi tandingan masuk. “Yang tujuh ini tidak ada mahasiswa. Mereka berstatus mahasiswa drop out dan satpam. Satpamnya pun bayaran ini,” kata Helfi.

Status tersangka sangat terbuka karena empat korban yang telah dimintai keterangan mengenal pelaku yang melempar mereka. “Sesuai pengakuan empat korban, ketujuh orang ini yang melempar mahasiswa dengan batu saat korban mau masuk ke kampus,” ujarnya.

Ketujuh orang ini diamankan bersama puluhan orang lainnya saat bentrokan pecah pada Kamis (17/12/2015) pagi. Dalam pemeriksaan 1×24 jam, penyidik telah memulangkan 34 orang.

(in)

%d blogger menyukai ini: