Sketsa News
Home Citizen-Jurnalism, News RJ Lino Tersangka, KPK dipuji 10,5K Netizen, Buwas Puas

RJ Lino Tersangka, KPK dipuji 10,5K Netizen, Buwas Puas

Sketsanews.com – Setelah lolos dari beberapa kali pemeriksaan oleh Direktorat Eksus Bareskrim, Direktur Utama PT Pelabuhan lndonesia (Pelindo) ll, Richard Joost Lino telah resmi ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat 18 Desember 2015.

RJ Lino Tersangka | @Wirdjawan

“Kami telah menemukan dua alat bukti yang cukup dalam proses penyelidikan dan menetapkan RJL (RJ Lino) sebagai tersangka,” kata Pelaksana Harian Kepala Biro Humas KPK Yuyuk Andriati di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (18/12), dikutip dari CNN.

Atas perbuatannya, Lino pun disangka melanggar Pasal 2 Ayat 1 dan Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 yang telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Ilustrasi : Walau Pelindo 2 digeledah layaknya ISIS, Kepolisian belum menetapkan RJ Lino tersangka, KPK lah yang menetapkan RJ Lino tersangka | Foto via @supersarri

 

Budi Waseso (Buwas) Puas

Laman Republika mewartakan dari Mantan Kabareskrim Polri, Budi Waseso ikut mengomentari penetapan Lino sebagai tersangka. Menurutnya, penetapan tersebut menandakan penyidikan yang dilakukannya saat menjabat Kabareskrim sudah terbukti.

“Bukan bangga tapi saya ada suatu kepuasan tersendiri,” ujarnya, “Tapi sebenarnya kalau saya yang melaksanakan memang tidak butuh lama untuk mentersangkakan itu,” lanjut Budi, pada acara Gathering Jurnalis Trunojoyo 2015, di Caringin, Bogor, Jawa Barat, Jumat (18/12) malam.

Ilustrasi : “Bukan bangga tapi saya ada suatu kepuasan tersendiri,” ujar Budi Waseso yang merasa puas | foto via @riaugreencom

Sebab, kata Budi, fakta hukumnya sudah jelas. Termasuk alat buktinya pun sudah mencukupi. Budi mengaku waktu itu bekerja secara sungguh-sungguh untuk mengusut kasus di Pelindo II. Hal tersebut dibuktikan dengan penggeledahan kantor Pelindo karena saat itu dibutuhkan satu alat bukti lagi yaitu surat-surat.

Jenderal bintang tiga itu juga menyayangkan adanya beberapa surat hasil penggeledahan dikembalikan. Padahal, menurut Budi, seharusnya tidak dikembalikan karena berkaitan. Namun Budi menyerahkan semuanya kepada Bareskrim.

 

Netizen apresiasi KPK, 10, 5 Ribu Tweet Bukti bahwa masyarakat mengapresiasi KPK atas penetapan TSK RJ Lino.

(in)

 

%d blogger menyukai ini: