Sketsa News
Home Internasional, News Turki Meminta Israel Berikan Akses Tak Terbatas ke Gaza

Turki Meminta Israel Berikan Akses Tak Terbatas ke Gaza

turki-tuntut-israel-berikan-akses-tak-terbatas-ke-gaza-5UC

Sketsanews.com – Pemerintah Turki menuntut Israel untuk mengabulkan akses tidak terbatas ke Jalur Gaza. Permintaan ini diajukaan sebagai bagian dari kesepakatan pemulihan hubungan kedua negara.

Menteri Perdagangan Turki, Bulent Tufenkci mengatakan, “Jika kesepakatan kedua negara bisa dicapai, maka akan mudah bagi produk Turki untuk masuk ke Jalur Gaza. Israel akan menghilangkan hambatan seputar arus barang dari Turki ke Jalur Gaza,” ujarnya, seperti dikutip Sindonews.com, Sabtu (26/12/2015).

Hubungan antara Turki dan Israel memburuk setelah negara Zionis itu menyerbut armada Fredom Flotille yang menewaskan 10 orang di atas kapal Mavi Marmara pada 31 Mei 2010.

Turki mengajukan tiga syarat utama untuk memperbaiki hubungan dengan Israel setelah serangan tersebut. Syarat pertama adalah permintaan maaf dari Israel dan sudah terpenuhi. Syarat lainnya adalah negosiasi untuk kompensasi dan pencabutan embargo terhadap Jalur Gaza, yang hingga saat ini negosiasi tersebut masih berlanjut.

Delegasi kedua negara yang melakukan pertemuan di Swiss pada paruh pertama bulan Desember telah mencapai kemajuan dalam masalah kompensasi. Sedangkan terkait pencabutan blokade atas Gaza, masih terjadi perundingan. (Su)

%d blogger menyukai ini: