Sketsa News
Home News, Tekno-Sains Ilmuwan Abadikan Momen Black Hole Lahap Bintang

Ilmuwan Abadikan Momen Black Hole Lahap Bintang

Tim internasional dari astrofisikawan yang dipimpin ilmuwan dari Johns Hopkins University untuk pertama kalinya menyaksikan sebuah bintang ditelan oleh lubang hitam dan menyemburkan flare bergerak dengan kecepatan hampir setara cahaya.

Dilansir dari Phys, Sabtu (28/11/2015), penemuan ini ditulis pada Kamis, 25 November di jurnal Science. Menurut Sjoert van Velze, sebuah bintang sebesar matahari “terpeleset” dari orbitnya sehingga dia tersedot oleh supermassive black hole.

“Peristiwa ini sangat langka. Ini pertama kalinya kami melihat segala sesuatu dari kehancuran bintang diikuti dengan peluncuran arus kerucut, yang juga disebut jet, dan kami melihatnya selama beberapa bulan,” ujar van Velze.

Black Hole merupakan ruang yang begitu padat dan memikiki gaya gravitasi yang kuat. Black Hole menyebabkan gas dan bahkan cahaya, membuat mereka tak terlihat dan menciptakan efek kekosongan dalam struktur ruang.

Lubang hitam supermasif merupakan yang terbesar dari lubang hitam. Ia diyakini ada di pusat galaksi yang paling masif dan terletak di ujung yang lebih ringan dari lubang hitam supermasif spektrum. Besarnya hanya sekitar satu juta kali massa Matahari, tetapi kekuatannya bisa untuk melahap bintang.

Sumber: Ilmuwan Abadikan Momen Black Hole Lahap Bintang – Science :: Okezone Techno

%d blogger menyukai ini: