Sketsa News
Home News Ledakan Cerobong Oven CV Purbayasa Purbalingga, 9 Luka Bakar Parah

Ledakan Cerobong Oven CV Purbayasa Purbalingga, 9 Luka Bakar Parah

Sketsanews.com – Kebakaran kembali terjadi di CV Purbayasa unit 2 di jalan raya Purbayasa, Desa Purbayasa Kecamatan Padamara, Minggu (27/12) sekitar pukul 15.15 WIB. Diduga, api berasal dari ledakan cerobong oven blower di oven pembakaran kayu.

Akibat kebakaran tersebut, sembilan orang mengalami luka bakar, satu orang mengami luka  bakar hampir 100 persen pada bagian tubuh. Fauzan Azis (20) warga Desa Purbayasa, Kecamatan Padamara dan semua  korban langsung  dilarikan ke Rumah Sakit Margono Purwokerto dan Rumah Sakit Orthopedi Purwokerto.

Korban lain yang mengalami luka bakar antara lain, Sururi (60) warga  Karangreja, Kecamatan Kutasari, Watin, (40) warga  Karangaren, Kecamatan Kutasari, Roni, (36) warga Purbayasa  Padamara, Edi Priyono, (28) warga Meri, Kecamatan Kutasari, Trio Jatmiko, (18) warga Meri, Kecamatan Kutasari, Johanes, (38) warga  Bojanegara, Kecamatan  Padamara, Abdul (35) warga  Padamara, Sabroni, (35) warga  Purbayasa Kecamatan Padamara.

Kejadian berawal menjelang pergantian shift. Saat itu, satpam perusahaan Supriono (34) mendengar letusan dari mesin sending dan mengeluarkan api. Dia langsung melaporkan kejadian tersebut ke karyawan bagian oven shift 1 agar segera ditindaklanjuti dan dicek.
Dari laporan tersebut, karyawan oven shift 2  melakukan pengecekan ke ruang sending oven. Ternyata benar, ada api di ruang tersebut. Selanjutnya mesin blower pada bagian oven  dimatikan.

Mandor bagian oven, Warso memerintahkan karyawan untuk  membersihkan serbuk sending yang ada di dalam cerobong oven.  Setelah bersih kemudian blower dinyalakan kembali.

Selang lima menit setelah mesin blower dinyalakan, tiba-tiba terjadi ledakan di cerobong serta membuat api membesar. Para karyawan yang sedang berada di ruang oven kaget dan tidak bisa menghindari ledakan tersebut sehingga mengalami luka bakar.

Mendengar ada ledakan disusul dengan api yang sudah membesar, ratusan karyawan yang berada di dalam pabrik  lari berhamburan keluar dan menghubungi pemadam kebakaran untuk membantu memadamkan api tersebut.

Kapolres Purbalingga AKBP Anom Setyadji SIK melalui Kasubag Humas Iptu Diaman menjelaskan,  semua korban mengalami luka bakar akibat ledakan tersebut. Satu korban mengalami luka bakar cukup parah. “Tidak ada korban jiwa, 9 karyawan hanya mengalami luka bakar, hasil visum belum keluar,” katanya.

Setelah api  padam, polisi langsung melakukan olah TKP  dan mengumpulkan keterangan para saksi baik karyawan, mandor maupun pemilik pabrik guna mengetahui penyebab pasti kebakaran tersebut.

Selain itu, jelas Diaman rencananya tim Labfor Polda Jawa Tengah juga akan turun lapangan Senin (28/12) guna membantu pemeriksaan dan olah TKP. “Dari data sementara, kerugian sekitar Rp 10 juta, namun masih dilakukan penghitungan pasti,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purbalingga Priyo Satmoko menjelaskan, pihak Damkar menurunkan 4 unit mobil pemadam guna membantu pemadaman api. Api baru bisa dijinakan sekitar pukul 16.30 WIB. (jok/bdg)

Sumber : PURBALINGGA: Cerobong Oven Meledak, 9 Karyawan Luka Bakar-RadarBanyumas

Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jawa Tengah turun ke Tempat Kejadian Perkara (TKP)

TribrataNews mewartakan, Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jawa Tengah turun ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) kebakaran guna melakukan pemeriksaan terhadap penyebab terjadinya kebakaran di CV Purbayasa unit 2 yang terbakar Minggu (27-12-2015).

Dalam pemeriksaan yang berlangsung selama dua jam tersebut, Tim Labfor mengambil berapa sampel dari sisa-sisa kebakaran untuk diteliti lebih lanjut.

Kepala Kepolisian Resor Purbalingga, Ajun Komisaris Besar Polisi Anom Setyadji, SIK melalui Kasat Reskrim, Ajun Komisaris Polisi Djunedi, SH mengatakan, Tim Labfor Polda sudah turun Senin (28-12-2015). Mereka sudah melakukan penyelidikan di lokasi kebakaran CV Purbayasa unit 2.

“Kurang lebih dua jam mereka melakukan lidik untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran,” kata Djunedi, SH.

Selain melakukan penyelidikan, Tim Labfor juga mengambil berapa sempel sisa kebakaran dari pabrik kayu tersebut. Selanjutnya, sempel tersebut akan dibawa ke Semarang untuk diselidiki lebih lanjut. Sehingga, bisa mengetahui penyebab pasti kebakaran CV Purbayasa unit 2.

Selain melakukan pemeriksaan di lokasi, Tim Labfor dan unit Serse Polres Purbalingga melakukan pemeriksaan terhadap para saksi.  “Sudah ada 5 orang saksi yang kita mintai keterangan terkait kebakaran tersebut,” jelas AKP Djunedi, SH.

Senin (28-12-2105), Tim Inafis Polres Purbalingga dan Tim Labfor berkoordinasi dengan pihak RSUD Margono Sukarjo untuk meminta hasil visum. Hal tersebut, diperlukan guna proses penyelidikan lebih lanjut.

“Belum bisa kita umumkan saat ini,” jelas AKP Djunedi, SH.

(in)

%d blogger menyukai ini: