Sketsa News
Home Berita Terkini, News Kapolri: Din Minimi Sudah Lama Mau Serahkan Diri, Ditunggu Tidak Ada Realisasi

Kapolri: Din Minimi Sudah Lama Mau Serahkan Diri, Ditunggu Tidak Ada Realisasi

Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti mengaku penyerahan diri kelompok bersenjata Nurdin Ismail alias Din Minimi yang dimotori Badan Intelejen Negara (BIN) telah melalui koordinasi kepolisian.

Tanpa menyebutkan rinci waktunya, Badrodin mengatakan koordinasi tersebut dilakukan antara Menkopolhukam Luhut Binsar Panjaitan , Kepala BIN Sutiyoso, dan Kapolda Aceh, Irjen Pol Husein Hamidi.

paparan-kinerja-polri-2015_20151229_183735

Atas koordinasi tersebut, Kapolri mengaku telah memberikan petunjuk, yakni menyerahkan Din Minimi kepada aparat Kepolisian.

“Petunjuk saya, lebih baik Kalau diserahkan ke polisi. Tetap kita lakukan proses hukum, masalah keringanan hukuman bisa dikordinasikan,” ujar Badrodin di Mabes Polri, Selasa (29/12/2015).

‎Badrodin menjelaskan, sebenarnya wacana penyerahan diri Din Minimi pernah dilakukan sebelumnya.

Rencana penyerahan diri tersebut dilakukan atas mediasi Wakapolri dan Wakil Gubernur Aceh Muzakir Manaf.

“Din Minimi itu sudah lama mau menyerahkan diri, pernah pak Wakil Gubernur Aceh koordinasi sama Wakapolri bilang Din Minimi mau menyerahkan diri, tapi kita tunggu tunggu tidak ada realisasinya,” katanya.

Ditanya mengenai skala ancaman kelompok yang berjumlah 17 hingga 20 orang, menurut Badrodin tingkat bahanya tidak sampai mengganggu keamanan atau ketertiban nasional.‎

Penangkalan kelompok tersebut dapat dilakukan dengan sebuah operasi.
“Kalau nasional tidak, hanya lokal, Kita bisa lakukan operasi‎,” ucapnya.
Nurdin Ismail alias Din Minimi bersama kelompoknya menyerahkan diri, setelah dua bulan berkomunikasi dengan Badan Intelijen Negara (BIN)‎.
Penyerahan tersebut dilakukan Senin (28/12/2015) petang di Desa Ladang Baro, Kecamatan Julok, Kabupaten Aceh Timur.

Kepala BIN, Sutiyoso datang menjemput dalam penyerahan diri kelompok bersenjata yang dituding telah melakukan sejumlah tindakan kriminal tersebut.

Sumber : Kapolri: Din Minimi Sudah Lama Mau Serahkan Diri, Ditunggu Tidak Ada Realisasi – TribunNews

 

 

 

%d blogger menyukai ini: