Sketsa News
Home News Selama Tahun 2015, 408 WNI Tercatat Gabung ISIS

Selama Tahun 2015, 408 WNI Tercatat Gabung ISIS

Berdasarkan catatan akhir tahun Mabes Polri, sepanjang tahun 2015 ini Polri mencatat sebanyak 408 WNI bergabung dengan ISIS.

Berdasarkan catatan akhir tahun Mabes Polri, sepanjang tahun 2015 ini Polri mencatat sebanyak 408 WNI bergabung dengan ISIS.

Menurut Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti pihaknya menduga pilihan 408 WNI bergabung dengan ISIS‎ ialah karena terpengaruh dengan doktrin yang disebarkan melalui internet.

‎”Tidak hanya yang muda, yang tua juga gabung ISIS. Ada bahkan pejabat di Batam yang jabatannya sudah enak, ikut juga gabung. Mereka biasanya terpengaruh dengan propaganda-propaganda di internet. Orang bisa saja terpengaruh oleh faktor-faktor itu,” ujar Badrodin, Selasa (29/12/2015).

Jenderal bintang empat ini melanjutkan alasan utama ratusan WNI tersebut bergabung ke Suriah ialah terkait dengan keyakinan. Tapi ada juga yang terpengaruh iming-iming dan janji hidup lebih baik bila bergabung dengan ISIS.

“Sebagian besar karena keyakinan, tapi motif ekonomi ada juga. Kami juga temukan ada satu WNI yang kembali ke Indonesia. Dia merasa hidup di sana (Suriah) tidak benar, dijanjikan mendapatkan sesuatu, tetapi selama dia tinggal di sana tidak mendapat apa-apa,” tutur Badrodin.

Tidak hanya itu, Badrodin juga mencatat 45 WNI diduga tewas di Suriah lantaran ikut bertempur memperjuangkan ISIS. Sementara 47 WNI telah kembali ke tanah air. Dan pastinya mereka yang kembali ke tanah air akan terus dipantau.

“Yang berencana berangkat ke Suriah dari Indonesia ada sekitar 1085 orang. Mereka kami pantau pergerakannya,” tegas Badrodin.

Sumber: Selama Tahun 2015, 408 WNI Tercatat Gabung ISIS – Tribunnews.com

 

%d blogger menyukai ini: