Sketsa News
Home Berita Terkini, Citizen-Jurnalism, Internasional, News Keren, Cara Muslim Amerika Tangani Islamofobia

Keren, Cara Muslim Amerika Tangani Islamofobia

Pasangan suami-istri Muslim di Cambridge, Massachusetts, Sebastian dan Mona Haydar menggelar kegiatan Ask a Muslim, yaitu memberikan kopi dan donat gratis bagi siapapun yang ingin bertanya dan berbincang dengan mereka mengenai Islam.

Pasangan suami-istri Muslim di Cambridge, Massachusetts, Sebastian dan Mona Haydar menggelar kegiatan Ask a Muslim, yaitu memberikan kopi dan donat gratis bagi siapapun yang ingin bertanya dan berbincang dengan mereka mengenai Islam. Kegiatan itu mereka lakukan karena mereka sudah muak dengan nafas islamofobia yang seribg dihembuskan oleh antiislam di Amerika.

Haydar mengaku kegiatan itu terinspirasi dari potongan episode pada drama serial ‘This American Life’. Dalam episode tersebut mengisahkan seorang berdarah Irak yang memiliki toko, kemudian toko tersebut bertuliskan ‘Talk to an Iraqi’.

Lalu Sebastian berpikir untuk melakukan kegiatan yang hampur sama dengan itu, namun mereka melakukannya di pinggir jalan.

“Kami takut akan menghadapi banyak Islamofobia karena semua retorika Donald Trump. Tapi jujur, saya memutuskan, jika kami mau melakukannya, kami harus melakukannya dengan sikap yang benar-benar positif,” kata Haydar seperti dikutip dari Good Magazine, Selasa (29/12).

Haydar juga mengaku, selama melakukan kegiatan tersebut mereka memang tidak pernah mendapatkan pertanyaan yang serius dari pengunjung. Kendati demikian, banyak dari pengunjung yang datang memberikan semangat dan membesarkan hati mereka.

“Hei, saya benar-benar menyukai apa yang Anda lakukan, dan terima kasih karena telah melakukan ini,” kata seorang pengunjung.

Setelah pengalaman yang mengesankan tersebut mereka alami, Haydar kemudian memposting pengalaman kegiatannya itu di akun Facebook-nya. Dia ingin menginspirasi dan membesarkan hati Muslim lain yang tengah merasakan kehimpitan do tengah derasnya arus Islamofobia di berbagai belahan dunia.

Dia ingin semua Muslim tahu bahwa umat Muslim harus tetap menegakkan kepala meskipun banyak yang menghina agama mereka. Dia bahkan juga bermaksud ingin melakukan kegiatan itu lagi di lain hari untuk mensyiarkan Islam yang lebih luas lagi.

Sumber: Keren, Cara Muslim Amerika Tangani Islamofobia | Republika Online

 

%d blogger menyukai ini: