Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, Internasional, News Korut Sukses Uji Coba Bom Hidrogen, Dunia Ketar-ketir

Korut Sukses Uji Coba Bom Hidrogen, Dunia Ketar-ketir

Sketsanews.com – Korut mengkonfirmasi bahwa mereka sukses menguji coba miniatur bom hidrogen. Dalam uji coba miniatur bom hidrogen oleh rezim Pyongyang dini hari tadi, dilaporkan menimbulkan gempa bumi berkekuatan 5,1 skala richter (SR), versi pusat geologi Amerika Serikat (USGS).

Dalam pengumuman sebelumnya hari ini, negara menyebutnya sebagai “bom hidrogen” yang telah “miniatur.”

“Melalui tes yang dilakukan dengan teknologi kearifan lokal dan upaya DPRK sepenuhnya telah membuktikan bahwa tes spesifikasi teknologi bom hdrogen yang baru dikembangkan sudah dijalani. Kekuatan miniatur bom hidrogen sudah diverifikasi,” bunyi pernyataan pemerintah Korut yang disiarkan stasiun televisi negara itu, dikutip dari MonitorDay.

Ahli nuklir mengatakan itu tidak mungkin apa yang biasanya disebut H-bom, andalan termonuklir dari persenjataan nuklir di AS, Rusia dan Cina. Tapi istilah bisa mengungkapkan sesuatu yang lain yang menggunakan hidrogen, dan bisa menjadi jauh lebih mengkhawatirkan: sebuah bom nuklir biasa, cukup kecil untuk Korea Utara untuk me-mount – dan memberikan – pada rudal. (NewScientist).

Was North Korean blast large enough to be a hydrogen bomb? | BBC News Graphics ‏@BBCNewsGraphics

Melalui Kementerian Luar Negeri RI, pemerintah menyatakan uji coba itu merupakan pelanggaran terhadap semangat perjanjian comprehensive nuclear test-ban treaty (CTBT) dan resolusi Dewan Keamanan PBB Nomor 1.718 Tahun 2006, 1.874 Tahun 2009, dan 2.087 Tahun 2013.

Why North Korea’s nuke blast was not an H-bomb – but is a step towards a nuclear missile | New Scientist ‏@newscientist

“Indonesia menyerukan kepada semua pihak untuk menghormati dan mematuhi Resolusi DK PBB yang terkait, menahan diri, serta mengedepankan diplomasi dan dialog dalam menciptakan situasi kondusif bagi perdamaian, stabilitas dan pembangunan di kawasan,” demikian pernyataan pers yang diterima Okezone, Rabu (6/1/2016).

Selain Indonesia, uji coba bom hidrogen tersebut juga mendapat kecaman dari dunia internasional. Prancis, Korea Selatan (Korsel), China, Jepang, dan Amerika Serikat (AS) juga menyatakan kemarahannya terhadap tindakan negara pimpinan Kim Jong-un itu.

 

(in)

%d blogger menyukai ini: