Sketsa News
Home Berita Terkini, Foto, Headlines, News Jelang Sidang PK Baasyir, Wilayah Sekitar PN Cilacap Disterilkan

Jelang Sidang PK Baasyir, Wilayah Sekitar PN Cilacap Disterilkan

Sketsanews.com – Pengamanan di Pengadilan Tinggi (PN) Cilacap makin diperketat, alat metal detektor dipersiapkan untuk kelancaran sidang Peninjauan Kembali (PK) kasus terorisme Abu Bakar bin Abud Baasyir alias Abu Bakar Baasyir (ABB) yang akan digelar Selasa (12/1/2016). Bahkan hingga saat ini waktu sidang belum bisa dipastikan.

sidang-abu-bakar-baasyir-sketsanews
“Kalau menurut jadwal sekitar pukul 09.00 WIB, tetapi kita masih menunggu tim jaksa dari Kejaksaan Jakarta Selatan dan juga tim pengacara yang juga dari Jakarta,” kata Humas PN Cilacap, Catur Prasetyo kepada wartawan, Senin (11/1/2016).

Sidang PK Abu Bakar Ba’asyir akan digelar di ruang sidang utama Wijayakusuma yang berkapasitas sekitar 100 orang termasuk pendukung lainnya.

“Di luar ada tenda dan juga proyektor serta sound system untuk pengunjung yang tidak bisa masuk ke dalam. Selain itu, metal detektor juga sudah disiapkan untuk persidangan kali ini,” ujarnya.

Dari informasi yang dihimpun, Polres Cilacap menurunkan sebanyak 560 personel dari unsur Brimob dan polres Cilacap. Untuk memperlancar sidang, pengalihan arus lalu lintas dilakukan di depan PN Cilacap, Jalan Letjen Soeprapto Cilacap.

Selain itu, Polres Cilacap juga memperketat penjagaan di Dermaga Wijayapura yang merupakan pintu utama masuk ke Nusakambangan untuk antisipasi kerawanan menjelang pelaksanaan sidang PK Abu Bakar Baasyir.

Polisi dengan dibantu petugas lapas juga memeriksa setiap barang bawaan pengunjung yang akan masuk ke Lapas Nusakambangan. Untuk pengamanan wilayah perairan, Satpolair Polres Cilacap menyiagakan 2 kapal patrolinya untuk menjaga wilayah perairan Nusakambangan.

Sekolah di Depan PN Cilacap Diliburkan

Pihak keamanan terus meningkatkan kewaspadaan menjelang sidang Peninjauan Kembali (PK) kasus terorisme Abu Bakar bin Abud Baasyir alias Abu Bakar Baasyir (ABB) (76) yang akan digelar pada Selasa 12 Januari 2016. Bahkan, sekolah yang berada di depan Pengadilan Negeri (PN) Cilacap Jawa Tengah harus diliburkan.

“Tadi kami diberitahukan akan ada sterilisasi di sekitar Jalan Letjen Soeprapto mulai pukul 00.00 WIB, Selasa (12/1). Lalu, murid kami juga diminta untuk belajar di rumah,” kata Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah I Cilacap, Khaerul Anwar, kepada wartawan Senin (11/1/2016).

Menurut dia, pemberitahuan tersebut baru diberitahukan secara lisan oleh bagian bimmas Polres Cilacap dan belum ada surat resmi terkait pemberitahuan tersebut.

“Untuk sementara memang belum ada surat resmi dari pihak yang berwenang, tapi kami masih menunggu,” ujarnya.

Dia mengatakan terdapat sekitar 900 pelajar yang diliburkan, dan itu hanya berlaku bagi pelajar SMP Muhammadiyah I Cilacap. Sedangkan untuk guru, akan tetap masuk seperti biasa.

“Guru akan masuk, karena sewaktu-waktu jika dibutuhkan pihak berwajib bisa diperbantukan,” jelasnya.

Sebelumnya, pihak pengamanan dari kepolisian melakukan apel pasukan yang digelar di sekitar PN Cilacap dan juga jalan di depannya akan digunakan untuk parkir pegawai pengadilan.

Dari informasi yang didapat, ratusan massa pendukung ABB dan murid pesantren Al Mukmin Ngruki akan hadir dalam persidangan yang dibuka untuk umum tersebut. Nantinya akan disediakan pengeras suara dan layar lebar untuk para pendukung ABB yang tidak bisa masuk keruang sidang. (By/detik)

%d blogger menyukai ini: