Sketsa News
Home News Pengelompokan SIM C Masih Dalam Pembahasan

Pengelompokan SIM C Masih Dalam Pembahasan

kepala-korlantas-polri-pengelompokan-sim-c-masih-dalam-pembahasan-xsm

Sketsanews.com – Korlantas Polri menyatakan rencana mengelompokan SIM C berdasarkan klasifikasi kapasitas mesin motor (CC) masih dalam sebatas rencana.

Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Condro Kirono mengatakan, pengelompokan SIM C itu masih sebatas wacana dan dalam tahapan proses pendalaman. Dalam pengelompokan kategori SIM C tersebut, diperlukan kompetensi para pengendara sebagai bahan pertimbangan kemampuan dan keterampilan dari masing-masing klasifikasi dan karakterisrik jenis motor yang berbeda-beda.

Korlantas akan mempertimbangkan masukan IMI dan instansi terkait. “Apabila terjadi perubahan pastinya masih membutuhkan proses yang sangat panjang dan tentunya akan disosialisasikan terlebih dahulu melalui tahapan pemberlakuan perundang-undangan serta melengkapi sarana dan prasarana pendukung yang ada,” terang Condro kepada Sindonews.com, di Kantor Korlantas Polri, Senin (11/1/2016).

Dia membenarkan jika kedepannya terdapat pengelompokan SIM C, antara lain; SIM C untuk sepeda motor sampai dengan berkapasitas 250 CC, SIM C1 untuk sepeda motor berkapasitas di atas 250-500 CC dan SIM C2 untuk sepeda motor berkapasitas mesin di atas 500 CC. “Saya tegaskan sekali Iagi, hal tersebut masih dalam proses pembahasan,” tegasnya. (Su)

%d blogger menyukai ini: