Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, Internasional, News Putin Gandeng Semua Negara untuk Perangi Terorisme

Putin Gandeng Semua Negara untuk Perangi Terorisme

Sketsanews.com – Rusia ingin memerangi terorisme bersama dengan seluruh negara di dunia, Presiden Vladimir Putin menegaskan dalam sebuah wawancara yang dirilis surat kabar Bild, Senin (11/1/2016).

Presiden Rusia Vladimir Putin dalam konferensi pers di Moskow, 17 Desember 2015.
Presiden Rusia Vladimir Putin dalam konferensi pers di Moskow, 17 Desember 2015.

Dalam wawancaranya, Putin kembali mengkritik dunia Barat yang dinilai memperparah berbagai krisis di dunia saat ini.

“Kita menghadapi ancaman yang sama, dan kami ingin semua negara, baik di Eropa dan di seluruh dunia, untuk bergabung dalam melawan ancaman-ancaman ini,” kata Putin, seperti dikutip Reuters.

“Saya tidak hanya mengatakan terorisme, tapi juga kejahatan, perdagangan manusia, perlindungan lingkungan hidup dan tantangan-tantangan lainnya,” sambung dia.

Pada 30 September 2015, Rusia melakukan operasi udara di Suriah untuk melawan Islamic State (ISIS) dan grup teroris lainnya. Moskow mengatakan ribuan warga Rusia telah bergabung dengan ISIS dan menjadi sebuah ancaman serius bagi keamanan negara.

ISIS mengklaim bertanggung jawab atas jatuhnya pesawat maskapai Rusia di Mesir pada Oktober, yang menelan korban jiwa 224 orang.

Meski sama-sama melawan ISIS, Rusia tidak tergabung dalam koalisi global pimpinan Amerika Serikat (AS). Washington dan sekutunya mencurigai Rusia melakukan serangan di Suriah hanya untuk membantu Presiden Bashar al-Assad, bukan melawan ISIS. (Jp)

%d blogger menyukai ini: