Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, Internasional, News Serangan di hotel di Burkina Faso, Al-Qaeda?

Serangan di hotel di Burkina Faso, Al-Qaeda?

Sketsanews.com – Menurut saksi, penyerangan di sebuah hotel di Burkina Faso itu terjadi sekitar pukul 8.30 waktu setempat, Jumat (15/1/2016).
Tempat yang menjadi sasaran pertama kali adalah sebuah restoran di seberang Splendid Hotel, yang menjadi sasaran penyerbuan militan.

Burkina Faso | jihadiste à #Ouagadougou: au moins 22 morts | Agence France-Presse ‏@afpfr

Burkina Faso

“Kami baru saja buka dan baru ada beberapa pelanggan,” kata seorang pelayan restoran tersebut, Vital Nounayon, dikutip Reuters.

#BurkinaFaso forces from hotel attacked by Islamists | @RT_com

“Saat kami akan melayani mereka, kami mendengar bunyi tembakan. Ada tiga orang yang menembak ke arah langit,” ceritanya lagi.
Ia lalu mengatakan bahwa seketika orang-orang di sekitar meninggalkan kendaraannya dan lari, sebelum kendaraan mereka dibakar oleh pelaku.

//twitter.com/TheRealJoeKitts/status/688290877823815680

Tembakan lalu diarahkan ke restoran tempat Vital bekerja itu, sebelum ikut dibakar pula.
“Pelaku terlihat mengenakan sorban,” ucap dia.

maps-burkina-faso

Pelaku lalu dikatakan menyerbu masuk ke hotel tersebut dan menyandera beberapa orang, yang diperintahkan untuk bersembunyi agar selamat.

Setelah itu, aksi penembakan dan pemboman terus terjadi di hotel yang populer di kalangan wisatawan asing itu, sampai Sabtu (16/1/2016) dini hari.

Pasukan keamanan setempat, dibantu oleh pasukan Prancis, kemudian tiba di hotel itu dan berupaya mengambil kendali hotel tersebut.
Sempat ada kesunyian terjadi saat pasukan-pasukan itu mencoba merebut kembali Splendid Hotel dari para pelaku, yang dikatakan anggota Al Qaeda.

//twitter.com/FoxNews/status/688278721568968705

Menteri Komunikasi Burkina Faso Remis Dandjinou lalu mengabarkan bahwa sekitar 33 orang sandera telah dibebaskan dari hotel.
Serangan yang memakan korban tewas 20 orang itu kemudian diklaim oleh cabang kelompok Al Qaeda, yaitu Al Qaeda in the Islamic Maghreb (AQIM). (Reuters/Fox News/TribunNews)

 

(in)

%d blogger menyukai ini: