Sketsa News
Home Internasional, News Virus Zika Serang Ekuador dan AS

Virus Zika Serang Ekuador dan AS

Ekuador mengatakan Jumat lalu (15/1/2016) telah mendeteksi dua kasus pertama penyebaran virus Zika, penyakit berasal dari nyamuk semirip dengan demam berdarah yang dikaitkan dengan cacat lahir.

Virus Zika Serang Ekuador dan AS | @RRI

Pejabat Ekuador sebelumnya sempat mendeteksi empat orang yang tiba dari negara yang mengalami penyebaran penyakit tersebut di Amerika Latin dan Karibia.

Tapi ini menjadi pertama kalinya yang berasal dari Ekuador sendiri, kata Veronica Espinosa, wakil menteri kabinet yang bertanggung jawab memantau wabah, seperti dilansir Medical Express, Sabtu (16/1/2016).

Sementara itu, seorang bayi di Hawai Amerika Serikat dengan cacat lahir yang memengaruhi ukuran kepalanya juga diketahui tertulari virus Zika, menurut pejabat kesehatan dari Hawaii State Department of Health.’

“Sang ibu tampaknya terinfeksi Zika saat berada di Brasil pada Mei 2015 dan bayi yang lahir mengalami infeksi saat berada di dalam rahim,” kata pejabat kesehatan tersebut, seperti dilansir NBC News, Sabtu.

Zika dapat menyebabkan demam, ruam, nyeri sendi, dan konjungtivitis, dengan gejala biasanya berlangsung kurang dari seminggu.

Tapi pada ibu hamil, virus dapat menyebar ke janin dan menyebabkan penyusutan otak atau kematian.

Virus Zika sekarang telah ditemukan di 14 negara di benua Amerika, dari Kolombia hingga ke Meksiko.

Sebelum 2015, Zika hanya terlihat di beberapa bagian Afrika, Asia Tenggara, dan beberapa pulau di Pasifik. (NGH/Medical Express/NBC News/Foto: Wikipedia/HF)

Sumber : Virus Zika Serang Ekuador dan AS | RRI

%d blogger menyukai ini: