Sketsa News
Home Berita Terkini, Foto, Headlines, News Luhut Setuju BIN Bisa Tangkap dan Tahan Teroris Selama 10 Hari

Luhut Setuju BIN Bisa Tangkap dan Tahan Teroris Selama 10 Hari

Sketsanews.com – Menko Polhukam Luhut Binsar Panjaitan setuju dengan wacana revisi Undang-Undang Intelijen untuk memberikan kewenangan Badan Intelijen Negara (BIN) menangkap teroris. Bahkan BIN bisa diberi kewenangan menahan teroris selama 10 hari.

Luhut Panjaitan
Luhut Panjaitan

“Ya layak, sangat layak dipertimbangkan. Kan kita lihat ketentuan umumnya, bisa menahan 10 hari kemudian bisa dilepas, ya kenapa tidak,” kata Luhut di kantornya, Jakarta, Senin (18/1).

Menurut Luhur, pihaknya sedang membahas RUU Intelijen untuk segera disahkan. Mantan Kepala Staf Kepresidenan ini mengharapkan BIN tak hanya bertugas mendeteksi gerakan teroris yang ingin melakukan teror.

“Kita juga lagi melihat berapa lama ketentuan umum. Itu makanya akan kami pertimbangkan,” kata Luhut.

Sebelumnya, usai insiden teror di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (14/1) kemarin, banyak pihak menyoroti kinerja Badan Intelijen Negara. Kepala BIN, Sutiyoso, juga dianggap kecolongan dengan terjadinya serangan itu.

Meski demikian, Sutiyoso menolak tudingan itu. Dia menilai aturan buat kerja intelijen harus diubah, yakni dengan memberikan kewenangan lebih supaya bisa langsung meringkus terduga pelaku teror, sebelum terjadi insiden. Dia juga meminta pemerintah mengubah Undang-Undang Nomor 17/2011 tentang Intelijen Negara, khususnya Pasal 31 dan Pasal 34 ayat 1 c.

“Untuk memberikan rasa aman di Indonesia, BIN perlu diberikan kewenangan yang lebih. Yaitu penangkapan dan penahanan. Dalam penggunaan kewenangan ini tentu tetap menyeimbangkan antara HAM, kebebasan, dan kondisi keamanan nasional,” kata Sutiyoso dalam jumpa pers di kantor BIN, Jalan Rawajati Barat, Jakarta Selatan, Jumat (15/1).

Sutiyoso berharap buat menangani aksi teror di Indonesia, perlu perbaikan dalam landasan hukumnya. Yaitu Undang-Undang Nomor 15/2003 tentang terorisme. (by/merdeka)

%d blogger menyukai ini: