Sketsa News
Home News Seskab Menolak BIN Diberi Kewenangan Tangkap Teroris

Seskab Menolak BIN Diberi Kewenangan Tangkap Teroris

pramono-anung-tak-setuju-bin-diberi-kewenangan-tangkap-teroris-ejo

Sketsanews.com – Wacana revisi Undang-undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana ‎Terorisme menuai pro dan kontra. Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung salah satunya yang menolak.

Dia mengatakan, tidak sepakat dengan usul Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso agar ‎BIN diberi kewenangan lebih untuk menangkap terduga teroris. Akan tetapi, Pramono setuju BIN perlu dilakukan penguatan.

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) memiliki kewenangan deradikalisasi terhadap narapidana terorisme, sedangkan Polri yang memiliki kewenangan untuk melakukan penindakan. “Bukan berarti intelijen memiliki kekuatan menjadi penegak hukum, karena penegak hukum tetap dalam koordinasi Polri‎,” ujar Pramono di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, seprti dilansir Sindonews.com, Senin (18/1/2016).

‎Dia mengakui, UU Terorisme itu memiliki keterbatasan untuk menindak terduga teroris. “Karena undang-undang tidak memungkinkan preventif untuk itu. Maka pemerintah ingin mendengarkan masukan, besok salah satunya dari kepala-kepala lembaga tinggi negara,” ungkapnya.

Pramono menambahkan, saat ini dunia menganggap bahwa keamana‎n negara menjadi bagian penting. Apalagi, Indonesia sudah menjadi negara demokrasi. “Tentunya kita tetap menghormati HAM, tetapi keamanan kenyamanan itu menjadi penting,” pungkasnya. (Su)

%d blogger menyukai ini: