Sketsa News
Home News Duh, .. Pemberi Uang ke Pengemis Akan Didenda?

Duh, .. Pemberi Uang ke Pengemis Akan Didenda?

denda-bagi-pemberi-pengemis-dprd-jogjaSketsanews.com – “Sanksi bagi pemberi yang tertanggap bisa dikenakan denda atau kurungan. Untuk pengawasannya nanti memaksimalkan peran masyarakat dan  instansi terkait, yakni Sat Pol PP,” ujarWakil Ketua DPRD Sleman Inoki Azmi Purnomo SAg.

Laman KRjogja mewartakan, DPRD sedang membahas rancangan peraturan daerah (raperda) tentang penanganan anak jalanan, gelandangan dan pengemis. Dalam raperda itu diusulkan akan ada denda bagi pemberi bantuan kepada pengemis di jalanan.

Wakil Ketua DPRD Sleman Inoki Azmi Purnomo SAg mengatakan, pembahasan raperda ini mempertajam perda DIY yang mengatur tentang anak jalanan (anjal) dan pengemis. Dengan harapan untuk menertibkan keberadaan anjal dan pengemis di wilayah Sleman.

“Jumlah anjal, pengemis dan gelandangan di Sleman ini paling banyak jika dibandingkan dengan wilayah lain. Namun kebanyakan mereka ini berasal dari luar Sleman,” kata Inoki, Senin (18/1/2016).

Dikatakan, dalam pembahasan perda ini diusulkan sanksi bagi pemberi uang atau bantuan kepada pengemis.  Dengan harapan warga yang akan memberikan bantuan atau uang kepada pengemis melalui organisasi maupun yayasan yang menerima dan menyalurkan bantuan.

“Sanksi bagi pemberi yang tertanggap bisa dikenakan denda atau kurungan. Untuk pengawasannya nanti memaksimalkan peran masyarakat dan  instansi terkait, yakni Sat Pol PP,” ujarnya.

Menurutnya, selama ini penertiban dan pembinan terhadap anjal, pengemis maupun gelandangan di Sleman sudah sering dilakukan. Namun kenyataannya para pengemis dan anjal kembali ke jalanan.

“Penyebab mereka kembali ke jalanan karena masyarat masih banyak yang memberi uang di jalan. Sehingga itu bukan solusi untuk mendidik mereka untuk mencari uang. Kalau tidak ada yang memberi, secara otomatis mereka tidak kembali,” terangnya.

(in)

%d blogger menyukai ini: