Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Daftar Panjang Pencitraan Jokowi: Kapal Ternak Gagal Total

Daftar Panjang Pencitraan Jokowi: Kapal Ternak Gagal Total

Sketsanews.com – Pengamat politik Muhammad Huda menilai, proyek “kapal ternak” yang diluncurkan Pemerintahan Joko Widodo hanya bagian dari upaya pencitraan Jokowi. Terbukti, kapal ternak itu gagal membawa sapi dari Nusa Tenggara Timur (NTT).

Peresmian tol laut
Peresmian tol laut

“Itu terbukti gagal, dan pencitraan Jokowi terbukti gagal. Saat peluncuran pertama dengan mengundang wartawan ternyata memunculkan masalah bagi pengusaha sapi juga,” kata Huda (19/01), seperti intelijen dalam laporannya.

Tak hanya itu, menurut Huda, banyak program yang diusung Jokowi dibuat tanpa pemikiran yang cermat dan hanya mengandalkan pencitraan di hadapan media. “Yang penting wah, tetapi proyeknya gagal. Ketika meresmikan proyek yang direncanakan SBY langsung diklaim para pendukungnya milik Jokowi dan dimainkan oleh media sosial pendukung Jokowi,” pungkas Huda.

Dikabarkan sebelumnya, kapal ternak yang disiapkan untuk mengangkut sapi dari Nusa Tenggara Timur guna memenuhi kebutuhan daging nasional, terutama Jakarta, sudah dua kali pulang balik tidak membawa ternak sapi.

Fakta itu diungkapkan tim Bincang-bincang Agribisnis (BBA) yang mensurvei penjualan sapi dari NTT ke Pulau Jawa. “Kapal ternak baru sekali mengangkut sapi dari NTT, yakni pada 11 September 2015,” kata Direktur BBA Yeka Hendra Fatika, Selasa (19/01).

Seharusnya, menurut Yeka, hingga kini kapal ini sudah tiga kali mengangkut sapi ke Pulau Jawa. Akibat tidak mengangkut sapi, negara merugi sekitar Rp 1 miliar, terdiri atas biaya bahan bakar sekitar Rp 500 juta dan operasional anak buah kapal.

Dalam pemaparan materi bincang-bincang di Fakultas Peternakan Universitas Nusa Cendana, Yeka menuturkan kapal tersebut hingga kini belum bersandar di Pelabuhan Tenau, Kupang, dan hanya parkir di tengah lautan untuk menghindari biaya parkir di pelabuhan. (Zu)

%d blogger menyukai ini: