Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News, Tekno-Sains Fakta, Planet 9 (Nine) Lebih Besar 20x dari Bumi

Fakta, Planet 9 (Nine) Lebih Besar 20x dari Bumi

Sketsanews.com – Ilmuwan mengidentifikasi planet baru yang dijuluki planet 9 atau planet Nine. Planet ini kabarnya memiliki ukuran 20 kali lebih besar dibanding Bumi.

 

 

//twitter.com/ReaderMeter/status/690745041283715073

 

Berikut beberapa fakta terkait planet Nine, seperti dilansir Rediff, oleh Okezone pada Jumat (22/1/2016).

Planet Terjauh

Planet Nine diklaim sebagai planet terjauh atau 20 kali lipat lebih jauh dibandingkan Neptunus. Memerlukan waktu sekira 10 ribu hingga 20 ribu tahun untuk mencapai satu orbit penuh mengelilingi matahari.

Keberadaannya Diprediksi pada Model Matematika

Peneliti Konstantin Batygin dan Mike Brown tidak benar-benar melihat planet Nine. Namun, penelitian lainnya membantu mereka untuk menyimpulkan bahwa planet tersebut benar-benar ada melalui orbitnya.

Planet dengan Ukuran Raksasa

Planet Nine diklaim sangat besar, di mana gravitasinya lebih mendominasi dibandingkan planet lainnya. Planet Nine memiliki ukuran 10 kali lipat lebih besar ketimbang Bumi.

Memberi Wawasan Tentang Sistem Tata Surya

Untuk pertama kali selama 150 tahun, ilmuwan memiliki bukti kuat bahwa ada lebih banyak planet di sistem tata surya. Ini dapat mengubah pemahaman mengenai bagaimana sistem matahari terbentuk.

Planet Nine Bukan Planet Baru

Peneliti percaya bahwa sistem tata surya awal dimulai dengan empat inti planet yang mengambil gas di sekitarnya. Planet ini antara lain, Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus. Planet Nine mungkin dekat dengan Jupiter atau Saturnus, lalu planet itu terlempar ke orbit yang lebih jauh.

‘Pembunuh’ Planet Pluto

Mike Brown merupakan salah satu ilmuwan yang menemukan Planet Nine. Ia juga sebagai ilmuwan yang menghilangkan status Pluto dari planet kesembilan dan menyebut Pluto sebagai ‘dwarf planet’.

 

(in)

%d blogger menyukai ini: