Sketsa News
Home Berita Terkini, News, Tekno-Sains Kapasitas Otak Manusia Tembus 1 Juta Gigabyte

Kapasitas Otak Manusia Tembus 1 Juta Gigabyte

Sketsanews.com – “Pengukuran terbaru kami menunjukkan bahwa kapasitas otak manusia 10 kali lebih tinggi dari perkiran sebelumnya, hingga paling tidak satu petabyte,” ujar Terry Sejnowski dari Salk Institute.

The human brain is the most complex object in the known universe | Sagarika Chikhale ‏@sagarikachikhal

 

Siapkan harddisk 1 terabyte sebanyak 1.000 buah kalau kamu ingin memindahkan isi pikiran seseorang ke komputer. Ini karena kapasitas otak manusia ternyata mencapai 1 petabyte, atau sama dengan 1 juta gigabyte (1.000 terabyte).

Hal tersebut diungkapkan oleh sebuah riset oleh Salk Institute for Biological Research Studies, sebagaimana dirangkum oleh Nextren dari Popular Science, Minggu (24/1/2016).

“Pengukuran terbaru kami menunjukkan bahwa kapasitas otak manusia 10 kali lebih tinggi dari perkiran sebelumnya, hingga paling tidak satu petabyte,” ujar Terry Sejnowski dari Salk Institute.

Para peneliti menemukan bahwa tiap sinapsis (struktur antara satu sel syaraf, neuron, dengan yang lainnya) secara rata-rata bisa menyimpan informasi sebesar 4,7 bit.

Sambungan yang diperantarai sinapsis inilah yang berfungsi menyimpan memori di otak, yakni sebagai pola sinyal listrik yang mengalir di dalam dan di antara neuron.

**

Video cara kerja persimpangan antara dua sel-sel saraf, yang terdiri dari celah menit di mana impuls lewat difusi neurotransmitter ( How to Synapses Work)

 

(in)

%d blogger menyukai ini: