Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Kepala Lemsaneg: Jangan Pakai Aplikasi Asing, Mudah Disadap

Kepala Lemsaneg: Jangan Pakai Aplikasi Asing, Mudah Disadap

Sketsanews.com – Kepala Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) Djoko Setiadi mengimbau masyarakat Indonesia agar tak menggunakan aplikasi buatan asing. Pasalnya, pengguna aplikasi buatan asing itu rentan untuk disadap.

Djoko mengatakan, Indonesia kini sudah mampu membuat aplikasi modern berteknologi tinggi. Bahkan tingkat keamanannya terbilang tinggi.

“Upaya Lemsaneg meningkatkan sistem keamanannya. Jadi teknologi yang dibuat putra putri kita sendiri, sudah mampu membuat dan menciptakan sistem yang sangat kuat, sistem algoritme yang sangat kuat,” ujar Djoko usai pelantikan dirinya sebagai Kepala Lemsaneg di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (8/1/2016), seperti dikutip dari detik.

Untuk itu, Djoko mengimbau baik instansi pemerintah ataupun warga tak menggunakan aplikasi buatan asing.

“Saya mengimbau kepada seluruh intansi pemerintah, atau siapapun, jangan menggunakan aplikasi asing, jangan menggunakan aplikasi pihak asing. Karena putra-putri bangsa kita sudah mampu membuat itu semua yang jauh lebih aman. Terlepas dari sadapan, terlepas dari intelejen negara lain,” katanya.

Djoko menjamin aplikasi yang dibuat oleh putra-putri Indonesia ini terjamin dan bebas dari penyusup. “Bisa dijamin. Ketika menggunakan sistem lembaga sandi negara, dijamin aman,” katanya.

Djoko juga mengatakan, aplikasi buatan asing sangat rentan disusupi. Kuat dugaan, itu tidak terlepas dari upaya penyadapan yang dilakukan oleh negara lain.

“Gampang disusupi. Itu dititipkan di aplikasi asing yang dinamakan portable devices. Itu enggak terlepas dari penyadapan pihak negara lain, satu solusi adalah intelejen yaitu di sandi,” katanya.

Lalu, bagaimana dengan komunikasi Presiden selama ini? Apakah aman?

“Aman. Kami jamin menggunakan aplikasi lembaga sandi negara, aman,” jawab purnawirawan TNI berpangkat Mayor Jenderal ini. (Sur)

%d blogger menyukai ini: