Sketsa News
Home Hidup Sehat, News Tempe Kental Manis, Minuman Unik Buatan LIPI Yogyakarta

Tempe Kental Manis, Minuman Unik Buatan LIPI Yogyakarta

Sketsanews.com – “Kandungan gizi dalam tempe kental manis ini sama seperti tempe biasa, kaya akan zat bioaktif dan protein. Ini juga bagus untuk para vegetarian karena bisa dijadikan substitusi makanan yang mengandung vitamin B12,” ujar Mukhammad Angwar, peneliti LIPI Yogyakarta.

qoir-tempe-minuman-lipi-yogyakarta
Qoir minuman buatan LIPI Yogyakarta | foto: Sri Yanti Nainggolan/MTVN

Anda bosan makan tempe sebagai lauk? Kini ada cara baru menikmati tempe, yaitu dengan cara diminum. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Yogyakarta membuat produk tempe kental manis dengan citarasa unik dan bisa awet hingga satu tahun dalam kemasan kaleng.

“Kandungan gizi dalam tempe kental manis ini sama seperti tempe biasa, kaya akan zat bioaktif dan protein. Ini juga bagus untuk para vegetarian karena bisa dijadikan substitusi makanan yang mengandung vitamin B12,” ujar Mukhammad Angwar, peneliti dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Pengembangan Proses dan Teknologi Kimia LIPI Yogyakarta saat dijumpai di Jakarta, belum lama ini, dilansir dari MetroTV.

Komposisi minuman seduh ini terbuat dari bahan yang sederhana, diantaranya tempe, gula, fruktosa dan air. Pemakaian gula dalam produk ini digunakan sebagai pemanis.

Adapun pembuatan tempe kental manis ini terdiri dari beberapa tahap. Pertama, tempe dihaluskan, kemudian di ekstrasi, diberi formula, dimasak, lalu dikemas dalam kaleng dan di sterilisasi. Proses tak berhenti sampai disitu, produk kemudian akan dikarantina sebelum akhirnya diberi label.

Jika ingin menikmati, cukup tuangkan tiga sendok tempe kental manis untuk satu gelas. Ada dua pilihan rasa tempe kental manis, yaitu original dan coklat.

Produk bernama Qoir, yang dalam Al-Quran memiliki arti baik, diperkirakan akan dijual dengan harga Rp 15 ribu.

(in)

%d blogger menyukai ini: