Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, Hidup Sehat, News Kemenkes: Jangan Mudah Terpancing Rumor Virus Zika

Kemenkes: Jangan Mudah Terpancing Rumor Virus Zika

Sketsanews.com – “Hindari penularan nyamuk, lakukan PSN atau pengendalian sarang nyamuk dengan melakukan 3M plus, yaitu menguras, menutup, mengubur. Ini adalah pengendalian paling bagus untuk masyarakat Indonesia agar tidak tertular virus Zika,” jelas Wiendra Waworuntu.

virus-zika-nyamuk-1

Melansir dari Vivanews, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Wiendra Waworuntu membenarkan memang virus ini pernah ditemukan pada Juni 2014.

“Benar, ada satu kasus ditemukan pada Juni 2014, namun dia telah dinyatakan sembuh, dan itupun sembuh dengan sendirinya,” ujarnya saat ditemui usai jumpa pers Peringatan Hari Kusta Sedunia di Kementerian Kesehatan, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat, 29 Januari 2016.

Wiendra menegaskan bahwa, masyarakat tidak perlu panik, karena hingga saat ini Indonesia masih bebas dari Virus Zika. Terpenting, menurut dia, cara mengantisipasinya.

“Hindari penularan nyamuk, lakukan PSN atau pengendalian sarang nyamuk dengan melakukan 3M plus, yaitu menguras, menutup, mengubur. Ini adalah pengendalian paling bagus untuk masyarakat Indonesia agar tidak tertular virus Zika,” jelas dia.

Wiendra juga mengimbau agar masyarakat tidak berpergian ke tempat-tempat yang terjangkit virus Zika. Selain itu, masyarakat diminta harus tetap waspada, namun tetap jangan mudah termakan rumor yang menyebutkan virus ini sudah menyebar ke dalam negeri.

“Perlu dilihat sejarah kontak, pernahkah terkontak dengan bepergian ke daerah terjangkit virus, lakukan pemeriksaan laboratorium, dan harus hati-hai dengan rumor. Hingga kini, virus ini tidak eksis di Indonesia,” tutup Oscar Primadi, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan.

(in)

%d blogger menyukai ini: