Sketsa News
Home Berita Terkini, News KMP Bubar, PKS Tak Sepakat

KMP Bubar, PKS Tak Sepakat

Sketsanews.com – “Sekarang hampir setahun setengah, satu per satu merotol karena itu, de facto KMP sudah bubar,” ujar Ketua Fraksi Gerindra Ahmad Muzani.

“Secara de facto partai-partai yang sekarang bergabung di KMP, kami sudah katakan KMP sudah selesai,” kata Sekjen Gerindra Ahmad Muzani di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (4/2/2016), dilansir dari Detik.

KMP selaku gabungan partai politik yang mengusung Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa, menurut Muzani, sudah menjadi tambahan kekuatan pengontrol pemerintah. Tetapi, setahun lebih berlalu, ada banyak perubahan sikap.

“Sekarang hampir setahun setengah, satu per satu merotol karena itu, de facto KMP sudah bubar,” ujar Ketua Fraksi Gerindra ini.

Meski begitu, Gerindra menegaskan tetap setia menjadi oposisi. Sikap PAN yang disusul Golkar dan PPP untuk mendukung pemerintah tidak akan diikuti Gerindra.

“Itu tidak akan meruntuhkan posisi Gerindra sebagai oposisi. Pemerintah sebaik apapun butuh oposisi,” ungkap Muzani. “Tidaklah oposisi asal-asalan. Tidak selalu berbeda dengan pemerintah. Sebagai partai oposisi, kami akan ambil sikap konstruktif,” tegas Muzani.

 

PKS Tidak Sepakat, Dan Tetap Kokoh Diluar Pemerintahan

Vivanews mewartakan, Juru bicara Partai Keadilan Sejahtera, Mardani Ali Sera, merespons kabar yang menyebut bahwa Koalisi Merah Putih (KMP) sudah bubar. Mardani menegaskan bahwa PKS akan tetap menghormati kesepakatan yang telah dibuat di KMP.

“Tidak akan menarik diri atas kesepakatan,” kata Mardani saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis, 4 Februari 2016.
Mardani menuturkan, sejak dibentuk, KMP merupakan institusi yang mempunyai struktur yang jelas. Mereka memposisikan diri sebagai penyeimbang, dan mitra kritis pemerintah.

“Jadi, tidak akan bubar begitu saja,” ujarnya.

Selain itu, Mardani mengungkapkan komunikasi dan konsolidasi KMP masih tetap berjalan. Namun, apabila ada dinamika, ia menilai wajar. (Gerindra: De Facto KMP Sudah Bubar).

“PKS akan tetap kokoh di luar pemerintahan,” tuturnya.

Menurut Mardani, apa yang disampaikan Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani, sebagai sebuah pernyataan yang wajar.

“Pernyataan Muzani bagus untuk mengingatkan semua pihak. Baik kami di KMP atau publik,” katanya.

(in)

%d blogger menyukai ini: