Sketsa News
Home News Presiden Jokowi Langgar UU Minerba

Presiden Jokowi Langgar UU Minerba

effendi-simbolon-temui-megawati_663_382

Sketsanews.com – Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) telah memberikan rekomendasi izin ekspor konsentrat tembaga PT Freeport Indonesia (PTFI) tanpa terlebih dulu memberikan dana setoran komitmen pembangunan smelter sebesar US$530 juta. Kebijakan kementerian pimpinan Sudirman Said itu mengundang polemik berkepanjangan, termasuk kecaman dari anggota DPR.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Effendi Simbolon, mengatakan pihak yang perlu diperhatikan dalam hal itu seharusnya bukanlah Menteri ESDM Sudirman Said, melainkan Presiden Joko Widodo. “Presiden bertanggung jawab. Sudirman itu hanya kacung saja. Presiden sudah melanggar UU Minerba,” ujarnya di Gedung DPR, seperti dilansir VIVA.co.id, Rabu (10/2/2016).

Bahkan atas dugaan pelanggaran UU Minerba tersebut, dia mengatakan DPR bisa segera menyampaikan pelaporan dugaan itu ke Mahkamah Konstitusi (MK). DPR juga bisa melakukan impeachment kepada Jokowi, karena dinilai sudah melanggar sumpah jabatan, yaitu dengan melanggar UU. “Sehingga kalau Presiden melanggar sumpah jabatannya, itu bisa diimpeachment,” jelas Effendi. (Su)

%d blogger menyukai ini: