Sketsa News
Home News Indonesia-Rusia Jajaki Kerjasama Intelijen

Indonesia-Rusia Jajaki Kerjasama Intelijen

antarafoto-sekretaris-dewan-keamanan-rusia-100216-wsj-1-681x453

Sketsanews.com – Presiden Joko Widodo dan Sekretaris Dewan Keamanan Rusia Nikolai Patrushev, menjajaki kerjasama di bidang intelijen untuk mengatasi isu keamanan dan pertahanan.

Melansir aktual.com, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, “Tidak ada salahnya juga kalau kita berbagi intelijen dengan mereka. Bentuknya ada pertukaran mungkin ‘training’ dan peralatan serta hal lain,” ujar Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (10/2/2016).

Menurut Luhut, Indonesia selama ini terlalu banyak bekerjasama dengan negara barat. “Bisa saja pertukaran informasi kalau dibutuhkan apalagi kalau menghadapi narkoba, menghadapi terorisme atau ancaman lain,” jelasnya terkait bentuk kerjasama intelijen dengan Rusia.

Dia memuji kecanggihan teknologi yang dimiliki oleh badan intelijen Rusia. Sementara itu, terkait kerja sama alat utama sistem senjata (alutsista), Indonesia-Rusia telah menjajaki kemungkinan pembelian senjata dengan usulan dari TNI.

Luhut menjelaskan, “Tentu tidak lepas dari usulan TNI karna TNI yang paling berkepentingan atau sebagai pengguna. Jadi tidak harus ‘top-down’ tapi ‘bottom-up’ saya kira harus menjadi salah satu persayaratan,” jelasnya. (Su)

%d blogger menyukai ini: