Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Solo akan Bangun Patung Loro Blonyo Beskapan dan Basahan Ikon Kota Budaya

Solo akan Bangun Patung Loro Blonyo Beskapan dan Basahan Ikon Kota Budaya

Sketsanews.com – Kota Solo akan memiliki sebuah ikon baru untuk menunjukkan identitas sebagai kota budaya. Hal ini lantaran Pemerintah Kota (Pemkot) akan membangun sebuah gapura batas kota di Jalan Adi Soemarmo, Kelurahan Banyuanyar, Kecamatan Banjarsari, Solo.

Gapura yang akan dibangun dekat kediaman rumah Presiden Joko Widodo patung Loro Blonyo atau sepasang pengantin yang mengenakan beskap untuk sang pria dan basahan untuk sang wanitanya.

Sumber foto: tribunnews.com
Sumber foto: tribunnews.com

“Loro Blonyo dalam filosofi masyarakat Jawa, melambangkan kesuburan atau kemakmuran. Jadi saat akan masuk ke Kota Solo akan menjadi ikon bahwa kota ini merupakan kota budaya,” ujar Kepala Dinas Tata Ruang Kota (DTRK) Solo, Agus Djoko Witiarso, Rabu (10/2/2016).

Dilansir dari TribunNews, Agus menambahkan pertimbangan pembangunan gapura di Jalan Adi Sumarmo karena menjadi pintu keluar masuk tol Solo-Kertosono, serta jalan menuju ke Bandara Adi Soemarmo.

“Pembangunannya akan dimulai tahun ini. DPU (Dinas Pekerjaan Umum) menjadi Satuan Kerja (Satker) yang akan mengerjakan proyek itu. DTRK hanya menyusun perencanaannya saja,” sambungnya.

Kepala DPU Solo Endah Sitaresmi Suryandari mengatakan selain membangun gapura kita juga akan melakukan penataan Jalan Adi Sumarmo. “Tujuannya karena rencana ini merupakan pengembangan di Kawasan Solo utara yang akan menjadi central business district (CBD) atau daerah pusat kegiatan,” paparnya. (An)

%d blogger menyukai ini: