Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News, Tekno-Sains Ini Alasan Pesawat Jarang Tersambar Petir

Ini Alasan Pesawat Jarang Tersambar Petir

Sketsanews.com – Pesawat yang terbang selalu berada di tempat yang lebih tinggi dari pada obyek di bawahnya, padahal listrik selalu mencari konduktor terdekat. Namun mengapa ia jarang tersambar petir ketika listrik selalu mencari konduktor terdekat?

Menurut ‘Kisah 1001 Fakta Science Tersuper di Dunia’, pesawat dilengkapi sistem Static Discharge (SD) pada badannya, sehingga kemungkinan tersambar petir menjadi sangat minim.

Sumber foto: okezone.com
Sumber foto: okezone.com

Dilansir dari okezone.com Secara ilmiah, petir terjadi karena adanya perbedaan muatan listrik di udara. Akibat gesekan antara awan atau benda dengan udara, maka timbul muatan listrik statis pada benda itu. Saat pesawat bergerak, maka dia juga akan membentuk listrik statis di badannya.

SD berfungsi untuk membuang listrik ke udara sehingga kemungkinan untuk tersambar petir menjadi kecil. Jika tidak, pesawat yang tersambar petir akan mengalami masalah di sistem navigasi hingga terbakar di udara.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena kerusakan pada SD sangat jarang terjadi. Perawatan alat tersebut cukup sederhana karena bentuknya hanya berupa 12-16 kawat atau lempengan plastik berisi logam yang diletakkan di ujung sayap atau ekor. Ditambah lagi, sangat kecil kemungkinan pesawat tersambar petir karena luasnya Bumi. (An)

%d blogger menyukai ini: