Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, Internasional, News, Tekno-Sains NASA Bikin Teknologi Percepat Astronot Tiba di Mars

NASA Bikin Teknologi Percepat Astronot Tiba di Mars

Sketsanews.com – Salah satu tantangan astronot untuk tiba di Mars ialah waktu tempuh yang panjang. NASA, badan antariksa Amerika Serikat membuat teknologi agar astronot sampai di Mars dalam waktu tiga hari.

Dilansir oleh okezone.com, Selasa (23/2/2016), estimasi untuk tiba di Mars membutuhkan waktu selama enam bulan. Kini, NASA mengerjakan proyek terobosan baru agar mempersingkat waktu perjalanan menuju planet merah.

Sumber foto: bgr.com
Sumber foto: bgr.com

Dalam sebuah video yang diunggah NASA, ilmuwan Philip Lubin berbicara tentang kemungkinan badan antariksa mengembangkan sistem laser pendorong. Sistem tersebut dapat mendorong pesawat luar angkasa yang memiliki berat 100 kilogram ke Mars dalam waktu tiga hari.

Sistem laser ini akan mengandalkan akselerasi elektromagnetik ketimbang akselerasi kimia yang digunakan saat ini. Seperti diketahui, menggunakan bahan bakar besar bisa menambah berat pesawat luar angkasa dan membuat perjalanan jauh tidak efisien.

“Percepatan elektromagnetik hanya dibatasi oleh kecepatan cahaya, sementara sistem kimia terbatas pada energi proses kimia,” ungkap Lubin.

Menciptakan sistem propulsi inovatif ini membutuhkan sumber cahaya yang sangat intens. Meskipun hal ini terlihat sederhana, mendesain sistem ini akan tetap menantang. (An)

%d blogger menyukai ini: