Sketsa News
Home Berita Terkini, News BMKG : Potensi terkena Bencana Tsunami di Kabupaten Banyuwangi, Jember, Malang dan Lumajang

BMKG : Potensi terkena Bencana Tsunami di Kabupaten Banyuwangi, Jember, Malang dan Lumajang

Sketsanews.com – Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Pusat merilis sejumlah wilayah di Jawa Timur yang masuk kategori berpotensi terjadi bencana Tsunami. Diantaranya adalah Kabupaten Banyuwangi, Jember, Malang dan Lumajang, dilansir dari RRI.

 

Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG, Drs. Moch. Riyadi Msc, menjelaskan, untuk meminimalisir jumlah korban ketika terjadi gempa bumi dan tsunami, secara intens pihak BMKG bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di Jember serta daerah lain memberikan pemahaman kepada masyarakat serta media melalui “Workshop penguatan dan pemahaman rantai peringatan dini tsunami” secara bertahap dan berkesinambungan.

Selain itu, untuk mempermudah deteksi bencana tsunami, BMKG pusat memasang Early Warning Sistem (EWS) di sejumlah tempat yang berpotensi terjadi gempa bumi dan tsunami.

“Kita sudah memasang alat peringatan apabila terjadi tsunami di beberapa titik pinggir pantai yang terindikasi berpotensi terjadi tsunami. Sehingga memudahkan masyarakat dan petugas setempat apabila tsunami itu datang”, ujar M. Ridwan kepada Wartawan, Rabo (24/2/2016).

Untuk mengoptimalkan antisipasi bencana gempa bumi dan tsunami, BMKG pusat juga memasang warning receiver system (WRS) atau alat penerima peringatan, sehingga informasi dari BMKG dapat diterima langsung dan menyeluruh oleh masing-masing BPBD.

“Dengan adanya system ini, kami harapkan pihak BPBD setempat bisa bertindak cepat dan maksimal 5 menit sudah sampai ke lokasi kejadian. Selain itu, kami juga minta masyarakat untuk proaktif memberikan informasi apabila terjadi bencana”, pungkas Moch. Riyadi. (yat/WDA)

 

(in)

%d blogger menyukai ini: