Sketsa News
Home News Golkar Bakal Seperti Lirik ‘Bengawan Solo’

Golkar Bakal Seperti Lirik ‘Bengawan Solo’

emrus-sihombing-j_20160228_232516

Sketsanews.com – Pengamat Politik Emrus Sihombing khawatir Partai Golkar seperti lirik lagu ‘Bengawan Solo’ bila Munas yang akan digelar pada April hanya menjadi topeng.

Melansir tribunnews.com, Emrus mengatakan, “Ini harus menyatukan. Nanti khawatir partai baru lagi. Golkar akan ‘dibonsai’ terus oleh lawan politik. Kalau terus, saya khawatir lagu Bengawan Solo, riwayatmu dulu,” ujarnya dalam diskusi ‘Re-branding Partai Golkar’ di kawasan Jakarta Pusat, Minggu (28/2/2016).

Ia mengatakan sebagai partai modern, Golkar harus bisa menyelesaikan konflik internal. Bila tidak maka risiko ditinggalkan konstituen semakin tinggi. Emrus menilai, penyelesaian konflik melalui pengadilan bukanlah jalan yang baik. “Ini bukan pidana. Kedewasaan berpartai yang bisa menyelesaikan konflik internal,” jelasnya.

Menurut dia, pelaksanaan Munas merupakan jalan satu-satunya untuk menyelesaikan konflik. Tetapi, calon ketua umum harus bersaing secara fair dan tidak disertai politik uang. Sebab, hal itu akan berbahaya bagi Golkar. “Tidak mungkin mengalokasikan ratusan miliar. Harusnya peserta menanggung sendiri. Walau disebut biaya hotel tidak baik, karena akan berhutang secara psikologis,” ucapnya.

Sementara mengenai re-branding partai merupakan pekerjaan yang sangat luar biasa. Emrus mengatakan re-branding lebih sulit dibanding membangun partai baru. “Golkar enggak mungkin dihapus, re-branding jadi substansi, siapa yang menjadi pemimpin, ketika dilahirkan transaksional dan pragmatis, itu berbahya kembali,” pungkasnya. (Su)

%d blogger menyukai ini: