Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, Internasional, News Adakah Deal Tertentu dari Kerjasama Pertamina-Iran?

Adakah Deal Tertentu dari Kerjasama Pertamina-Iran?

Sketsanews.com -Beberapa hari lalu delegasi Iran menyambangi Indonesia hendak melakukan kerjasama di sektor migas dan kelistrikan. Di sektor migas, selain menawarkan pengelolaan 29 blok migas kepada perusahaan migas Indonesia, Iran juga bersedia memasok kebutuhan minyak mentah (crude) dan LPG (liquefied petroleum gas) untuk kebutuhan dalam negeri.

2015_11_12-18_17_18_3a414f9bf6a9a5dc0321a3a3f8b63aed_620x413_thumb

Katadata melaporkan, meski kesepakatannya belum final, Indonesia seakan tidak mau hanya menjadi pembeli produk Iran. Perusahaan minyak negara PT Pertamina (Persero) juga ingin bisa menjual produk yang dihasilkannya ke Iran. Salah satu produk yang akan dipasok Pertamina ke negara tersebut adalah kondensat.

Vice President Communication Pertamina Wianda Poesponegoro mengatakan ada potensi kerjasama saling pasok produk migas antara Indonesia dan Iran. Makanya Pertamina pun melakukan penjajakan terkait potensi tersebut.

Kedatangan delegasi Iran ini sebenarnya melakukan bilateral dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Namun, pertemuan tersebut juga dihadiri perusahaan minyak dan gas dari kedua negara. Dari Indonesia ada Pertamina dan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk. Sedangkan Iran membawa lima perusahaan migasnya. *

%d blogger menyukai ini: