Sketsa News
Home News Jokowi Harus Ambil Langkah Kongkrit

Jokowi Harus Ambil Langkah Kongkrit

kabinet-kerja-gaduh-jokowi-diminta-ambil-langkah-konkret-Nzt

Sketsanews.com – Pengamat politik Indostrategi Pangi Syarwi Chaniago mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) didesak mengevaluasi menteri Kabinet Kerja yang sering gaduh di depan publik.

Menurutnya, daripada mengumbar ketidaksenangannya akan perilaku para menteri, mantan Gubernur DKI Jakarta itu diminta menunjukkan aksi nyata. “Presiden mesti langsung mengambil langkah konkret, tentu itu jauh lebih baik ketimbang mengumbar dirinya unhappy dengan kelakuan menterinya,” ujarnya kepada Sindonews, Kamis (3/3/2016).

Dengan otoritas yang dimiliki seorang kepala negara, seharusnya Jokowi tidak pusing untuk mengambil sikap terkait para pembantu di Kabinet Kerja. Jokowi tidak perlu diajari bagaimana mengendalikan dan menertibkan tingkah laku para menterinya.

Pangi mengungkapkan, “Rakyat sudah menanggung beban kondisi sulitnya lapangan pekerjaan, mahalnya kebutuhan pokok dan semakin tidak bahagianya rakyat akibat pelayanan negara yang kurang baik terhadap pendidikan, kesehatan dan birokrasi. Jangan ditambah lagi beban rakyat dengan lelucon politik yang diekspresikan ke panggung publik oleh pembantu presiden,” ungkapnya.

Dia mengibaratkan kondisi Kabinet Kerja sebagai gerbong yang ingin mendahului masinisnya. Akibatnya, kegaduhan di kabinet itu kemudian menciptakan kondisi kekacauan di internal kabinet. “Ini jelas tidak lucu. Bagaimana presiden mau mengatur rakyat, mengatur dan mengendalikan menterinya saja mirip gerbong mau mendahului masinisnya,” pungkasnya. (Su)

%d blogger menyukai ini: