Sketsa News
Home News Tiga Kriteria Calon Ketua Umum Golkar

Tiga Kriteria Calon Ketua Umum Golkar

tiga-kriteria-ideal-calon-ketua-umum-golkar-DYb

Sketsanews.com – Tokoh Senior Partai Golkar Hajriyanto Y Tohari menyebutkan ada tiga kriteria calon Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar yang layak maju dalam musyawarah nasional (munas) yang rencananya bakal digelar pada April mendatang.

Dalam pantauan sindonews.com, sebagai partai yang baru saja mengalami konflik panjang, Tohari mengatakan, “Ketua umum harus bisa mendamaikan konflik internal yang jalan selama setahun lebih,” ujarnya dalam diskusi Yellow Forum for Young Leader ‘Menggagas Profil Kepemimpinan Baru Partai Golkar’ di Coffee Institue, Jalan Gunawarman, Jakarta Selatan, Jumat (4/3/2016).

Menurutnya, calon Ketum Golkar harus bersih dari korupsi. Secara ideologis, tiap-tiap kandidiat yang kini akan maju dalam bursa pencalonan sudah beres. Namun belum tentu beres dari sisi hukum. “Kehendak rakyat Indonesia adalah ingin memilih pemimpin nasional yang bersih. Golkar harus bisa menjawab tantangan itu,” lanjutnya.

Kriteria lain, ketum harus cerdas secara politik. Seorang ketum partai harus cerdas memilih pilihan politik yang selama ini hanya terkungkung pada pilihan menjadi pendukung pemerintah dan menjadi oposisi. “Ini tentu akan jadi tradisi baru dalam dunia politik yang selama ini hanya ada dua, jadi pendukung atau oposisi,” tandasnya. (Su)

%d blogger menyukai ini: