Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News, Tekno-Sains Q3, Kominfo Umumkan Pemenang Tender Palapa Ring Paket Timur

Q3, Kominfo Umumkan Pemenang Tender Palapa Ring Paket Timur

Sketsanews.com – Pemerintah Jokowi-JK secara resmi telah meneken MoU (memorandum of understanding) dua proyek Palapa Ring yaitu paket Barat pada Senin 29 Februari dan hari ini paket Tengah pada 4 Maret 2016.

Peresmian paket Tengah ini diresmikan oleh Menkominfo, Rudiantara bersama Kemenko Perekonomian, Darmin Nasution, dan Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin. Dengan demikian, tinggal paket Timur yang perlu diselesaikan.

Ketika ditemui awak media di Kantor Koordinator Perekonomian, Menkominfo, Rudiantara mengatakan, saat ini ada 7 perusahaan yang sudah ikut pra-kualifikasi proyek Palapa Ring untuk paket Timur.

Sumber foto: tekno.kompas.com
Sumber foto: tekno.kompas.com

“Dari ketujuh perusahaan itu, ada yang dari operator besar, ada juga dari pemenang tender barat dan tengah, dan ada juga yang baru,” ujar menteri disela acara peresmian proyek Palapa Ring paket Tengah, di Jakarta, Jumat (4/3/2016).

Dia mengutarakan, pemenang tender untuk Paket Timur setidaknya akan diputuskan pada akhir Q3 (kuartal ketiga) tahun ini dan paling lambat pada bulan pertama Q4 (kuartal keempat).

“Kalau bisa sebelum pemenang tender Paket Timur ditentukan, salah satu dari Paket Barat atau Timur sudah bisa groundbreaking atau inovatif,” urai pria yang kerap disapa Chief RA tersebut.

Dengan begitu, lanjut Rudiantara, agar proyek Palapa Ring ini bisa berjalan sesuai dengan jadwal selesainya pada akhir 2018 dan mulai beroperasi 2019 mendatang, laporan dari okezone.com.

Sekadar informasi, Palapa Ring merupakan suatu proyek pembangunan jaringan serat optik nasional yang akan menjangkau sebanyak 33 provinsi, 440 kota/kabupaten di seluruh Indonesia dengan total panjang kabel laut mencapai 35.280 kilometer dan kabel darat sejauh 21.807 kilometer.

Terdapat tiga paket proyek Palapa Ring yaitu:

1. Paket Barat akan menjangkau wilayah Riau dan Kepulauan Riau (sampai dengan Pulau Natuna) dengan total panjang kabel serat optik sekitar 2.000 kilometer.

2. Paket Tengah akan menjangkau wilayah Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku Utara (sampai dengan Kep. Sangihe-Talaud) dengan total panjang kabel serat optik sekitar 2.700 kilometer.

3. Paket Timur menjangkau wilayah Nusa Tenggara Timur, Maluku, Papua Barat, dan Papua, (sampai dengan pedalaman Papua) dengan total panjang kabel serat optik sekira 6.300 kilometer. (An)

%d blogger menyukai ini: