Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, Internasional, News, Tekno-Sains Jupiter, Bumi, Bulan, & Meteor “Berbaris” saat Gerhana Matahari

Jupiter, Bumi, Bulan, & Meteor “Berbaris” saat Gerhana Matahari

Sketsanews.com – Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menyebut fenomena gerhana matahari total akan terjadi pada 9 Maret mendatang. Tak hanya gerhana matahari sempurna, tetapi Jupiter juga akan berada segaris dengan gerhana tersebut.

Sebagaimana diberitakan okezone.com, Senin (7/3/2016), penduduk Alaska akan memiliki kesempatan untuk melihat posisi Jupiter yang spesial. Akan terbentuk barisan Jupiter, Bumi, dan Matahari sebelum gerhana terlihat di kawasan Asia Tenggara.

Gerhana Matahari dilihat dari ruang angkasa
Gerhana Matahari dilihat dari ruang angkasa

Jupiter juga akan berada di titik terdekat dengan Bumi dan akan terlihat lebih besar di langit. Jupiter mendominasi langit malam selama satu bulan, muncul dari matahari terbenam hingga terbit. Lihatlah timur sebagai matahari terbenam, Jupiter akan menjadi benda paling terang di langit.

Pada waktu yang tak jauh berbeda, NASA juga memperkirakan akan ada asteroid yang mendekati Bumi. Asteroid 2013 TX68 diramalkan akan berada pada jarak 3 juta mil dari Bumi. (An)

%d blogger menyukai ini: