Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Tiga Sungai Indah Bawah Tanah di Indonesia

Tiga Sungai Indah Bawah Tanah di Indonesia

Sketsanews.com –INDONESIA sebagai negara dengan 70 persen terdiri atas perairan dikenal memiliki banyak aliran sungai. Banyak sungai tersebar di seluruh Indonesia dengan ciri khas bahkan yang terkenal dengan keunikannya.

Terdapat tiga sungai yang indah lantaran mengalir di bawah permukaan tanah. Berikut ketiga sungai indah yang kerap menjadi magnet para wisatawan lokal maupun mancanegara, dilaporkan oleh okezone.com.

Sungai Gua Pindul (Yogyakarta)

Gua Pindul berlokasi di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, tepatnya di Dusun Gelaran, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Di sana terdapat tujuh gua yang dialiri oleh sungai sepanjang sekira 300 meter dengan lebar lima meter.

Sungai Gua Pindul di Yogyakarta
Sungai Gua Pindul di Yogyakarta

Pengunjung akan disambut ornamen bebatuan staglamit yang masih alami dan tentunya sungai dengan air jernih yang memanjakan mata.

Sungai Gua Liang Hajuq (Kalimantan Tengah)

Di gua Liang Hajuq, Kalimantan Tengah juga ditemukan sungai bawah tanah yang memikat. Sungai bawah tanah ini adalah lanjutan dari sungai di Liang Puruk yang mempunyai lebar empat meter dan ketinggian 0,5 meter.

Arus sungai di sini cukup deras sehingga pengunjung senantiasa diingatkan agar berhati-hati saat menyusurinya. Selain sungai bawah tanah, di gua ini juga dapat ditemukan beberapa air terjun dengan ketinggian bervariasi antara empat hingga tujuh meter.

Sungai Gua Loa dan Bangi

Kedua gua ini terletak di Dusun Ngliyep, Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Di dalamnya terdapat sungai bawah tanah, air terjun dan danaunya yang indah memikat.

Sekira lima kilometer ke arah selatan terdapat Pantai Ngliyep dengan pemandangan alam indahnya. Sebagaimana gua pada umumnya, gua ini juga berhias stalakmit, stalaktit, hingga beragam bentuk ornamen terbuat dari batu alam. (An)

%d blogger menyukai ini: