Sketsa News
Home News Hamka Haq Resmi Menjabat Wakil Ketua MKD

Hamka Haq Resmi Menjabat Wakil Ketua MKD

ham001940900_1457340395-20160307-Hamka_Haq_gantikan_Junimart_Girsang

Sketsanews.com – Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR Junimart Girsang resmi digantikan anggota Fraksi PDIP dari Komisi VIII DPR Hamka Haq. Prosesi pergantian dilakukan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah.

Melansir liputan6.com, Fahri mengatakan, “Sesuai dengan alat kelengkapan dewan MKD dalam UU MD3 bahwa MKD dipimpin oleh 1 orang ketua dan 3 orang wakil ketua berdasarkan pemilihan di fraksi,” ujarnya di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Senin (7/3/2016).

Dia mengungkapkan, DPR sudah menerima surat dari PDIP terkait pengunduran diri Junimart Girsang sebagai Wakil Ketua MKD. Oleh karena itu, DPR pun menindaklanjuti surat tersebut. “MKD terima surat dari PDIP pada tanggal 29 Februari 2016 yaitu soal perubahan penugasan komisi dan alat kelengkapan dewan. Sesuai dengan surat dari PDIP tersebut, dengan ini kami selaku DPR menetapkan Hamka Haq menggantikan Wakil Ketua MKD Junimart Girsang,” ungkapnya.

Fahri menambahkan, “Dengan ini, maka Surahman Hidayat adalah Ketua MKD dari PKS, lalu Hamka Haq Wakil Ketua MKD I dari PDIP, Lili Asjudiredja Wakil Ketua II dari Partai Golkar, dan Sufmi Dasco Ahmad Wakil Ketua III dari Partai Gerindra,” imbuhnya.

Hamka Haq mengaku telah siap untuk menggantikan posisi Junimart Girsang, meski alasan mundurnya adalah karena merasa tak enak harus mengawasi dan mengadili sesama anggota dewan lainnya. “Namanya juga partai, sepanjang berpijak pada ideologi partai, siap saja. Kalau ada kader partai kita yang salah, sepanjang kesalahannya itu terbukti dan melanggar etik, ya kenapa harus dibela?,” ujarnya. (Su)

%d blogger menyukai ini: