Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, Internasional, News, Tekno-Sains Singkiran Facebook, Google Siapkan Project Loon di India

Singkiran Facebook, Google Siapkan Project Loon di India

Sketsanews.com – Usai membatalkan layanan internet gratis ‘Free Basic’ Facebook di India, Google India saat ini berencana merilis layanan internet ke daerah-daerah terisolasi melalui Project Loon.

Program ini disinyalir, lantaran raksasa jejaring sosial itu mendapat sorotan publik berkat larangan internet gratis ‘Free Basic’ yang akan dicanangkannya di India.

Sumber foto: okezone.com
Sumber foto: okezone.com

Maka dari itu, Google India dikabarkan tengah mempersiapkan diri terhadap Project Loon. Sebuah jaringan internet dari balon milik Google yang dikenal sebagai penyedia telekomunikasi yang mampu memberikan akses internet di wilayah terpencil.

Rajan Anandan, Chief of Google India & Asia Tenggara, mengatakan, ide program ini sederhana, tetapi sebagai penyedia telekomunikasi harus menyediakan sebuah peralatan dulu.

“Bagi saya, Loon akan bekerja pada tingkat sederhana sebab infrastruktur ini di langit. Pemerintah sangat mendukung ini, kita akan bekerja dengan cara kami,” ujarnya seperti dilansir dari okezone.com, Kamis (10/3/2016).

Bila project ini mulai beroperasi, ia berharap soal pungutan pajak setiap perusahaan digital yang beroperasi disamaratakan tidak tumpang tindih oleh pemerintah sesuai dengan bidang bisnis.

Diungkapnnya, Google telah menyelidiki 6 persen untuk ‘pemerataan pungutan’ pajak yang akan ditempatkan pada perusahaan besar seperti Google dan Facebook. “Sebab pajak dapat menghambat pembelian digital internasional dan meningkatkan harga iklan,” pungkas Anandan. (An)

%d blogger menyukai ini: