Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Menkeu Sentil Kementerian PUPR, Anggaran Besar tapi Jalan Selalu Rusak

Menkeu Sentil Kementerian PUPR, Anggaran Besar tapi Jalan Selalu Rusak

Sketsanews.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tahun ini mendapatkan porsi anggaran APBN terbesar, yaitu sebesar Rp104 triliun. Besarnya pos anggaran APBN ini disebabkan oleh program prioritas dari Presiden Joko Widodo untuk melakukan pembangunan infrastruktur pada berbagai daerah di Indonesia.

Namun, besarnya anggaran ini dikhawatirkan rawan terhadap kecurangan. Sebab, akan banyak pihak yang terlibat dalam proyek-proyek pembangunan di berbagai daerah. Hal ini diingatkan oleh Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro dalam acara silaturahmi bersama PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI).

Sumber foto: idjoel.com
Sumber foto: idjoel.com

Menurut Bambang, selama ini PUPR masih belum efisien dalam menggunakan APBN untuk pembangunan, khususnya untuk pembangunan dan perawatan jalan.

“Yang menjadi momen ritual klasik adalah PUPR, setiap tahun memperbaiki jalan sebelum puasa. Apa ini ada yang salah dengan kualitas jalan,” kata Bambang di Hotel Kempinski, Jakarta, Selasa (8/3/2016).

Hal ini akan menimbulkan paradigma negatif bagi masyarakat. PUPR pun dianggap hanya melakukan belanja anggaran untuk mencapai target belanja tahunan. “Ini akan memberikan sentimen negatif bagi masyarakat, ah ini hanya bermain proyek,” tutur Bambang.

Dilansir dari okezone.com Selain itu, Bambang juga mempertanyakan penggunaan anggaran dalam hal perawatan jalan. Pasalnya, selama ini kebijakan PUPR yang melakukan penambalan jalan bukanlah cara yang tepat untuk meningkatkan kualitas jalan.

“Pemeliharaan jalan yang benar adalah yang dikupas dahulu. Bukan ditambal seperti sekarang. Ini bagus tapi tidak tepat sasaran,” tukasnya. (An)

%d blogger menyukai ini: