Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Penyaluran Kredit di Jawa Tengah untuk Modal Kerja Mencapai 53 Persen

Penyaluran Kredit di Jawa Tengah untuk Modal Kerja Mencapai 53 Persen

Sketsanews.com – Penyaluran kredit di Jawa Tengah didominasi oleh sektor produktif untuk modal kerja dengan pangsa pasar sebesar 53,44%, atau senilai Rp115.80 triliun pada triwulan IV/2015.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) wilayah Jawa Tengah Iskandar Simorangkir mengatakan, berdasarkan jenis penggunaan, kredit modal kerja dan investasi mengalami pertumbuhan, sementara perlambatan terjadi pada kredit konsumsi.

ISKANDAR SIMORANGKIR - Penyaluran Kredit di Jawa Tengah untuk Modal Kerja Mencapai 53 Persen
ISKANDAR SIMORANGKIR – Penyaluran Kredit di Jawa Tengah untuk Modal Kerja Mencapai 53 Persen

“Pada triwulan IV lalu, kredit modal kerja memiliki pangsa pasar 53,44%, Investasi 15,83% dan konsumsi 30,73%,” katanya, kemarin.

Sementara itu penyaluran kredit pada sektor utama di Jateng, sektor perdagangan dan industri pengolahan mengalami peningkatan, namun demikian sektor pertanian mencatatkan pertumbuhan yang melambat.

Pangsa pasar kredit sektor perdagangan mencapai 33,11% Pertanian 2,78% dan Industri Pengolahan sebesar 19,47%.

Iskandar menyebutkan, dari pengelompokkan kredit berdasarkan nilainya dapat terlihat bahwa persentase kredit di bawah Rp 500 juta memiliki pangsa paling besar yakni mencapai 48,8% dari total kredit yang disalurkan di Jawa Tengah, laporan dari tribunnews.com.

Sementara kredit di atas Rp 1 Miliar memiliki pangsa sebesar 45,8% dari total kredit. Hal ini menunjukkan bahwa nominal penyaluran kredit skala kecil dan skala besar di Jawa Tengah relatif merata. (An)

%d blogger menyukai ini: