Sketsa News
Home News KPU Ingin Tingkatkan Pemilih Pilkada

KPU Ingin Tingkatkan Pemilih Pilkada

kpu-targetkan-pemilih-pilkada-meningkat-D4m

Sketsanews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengharapkan peningkatan partisipasi pemilih pada pemilihan kepala daerah (pilkada) yang digelar serentak pada 2017.

Pada pilkada serentak tahun 2015, KPU menargetkan partisipasi pemilih mencapai 77,5%. “Belum ada perubahan target tapi kami ingin lebih tinggi lagi sebetulnya,” ucap Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay saat ditemui sindonews.com di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Kamis (10/3/2016).

Akan tetapi pada praktiknya banyak daerah yang gagal memenuhi target. Dia  mengakui hal itu dan berharap penurunan partisipasi pemilih tidak terjadi pada pilkada 2017. “Tentu kami lihat di daerah tertentu terjadi penurunan tapi secara keseluruhan sebetulnya masih cukup baik. Artinya tidak meleset jauh juga,” tuturnya.

Hadar mengatakan, KPU harus membuat kegiatan dan kajian untuk mengetahui  faktor penyebab partisipasi pemilih menurun. Menurutnya, hasil kajian menjadi petunjuk bagi lembaganya untuk membuat kebijakan yang dapat mengatasi persoalan tersebut. (Su)

%d blogger menyukai ini: