Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News, Tekno-Sains Tips Membedakan Sistem Operasi Asli dan Palsu

Tips Membedakan Sistem Operasi Asli dan Palsu

Sketsanews.com – Microsoft bersama beberapa OEM hari ini mengadakan Device Days untuk memperkenalkan perangkat-perangkat yang telah diinstal langsung Windows 10. Linda Dwiyanti perwakilan dari Microsoft juga membagikan sedikit tips membedakan sistem operasi asli dan palsu agar pengguna gadget tidak dirugikan.

Menurutnya, sistem operasi asli dan palsu tidak bisa dibedakan dari harganya. “Saya punya pengalaman dari teman sendiri, ketika dia membeli perangkat kemudian meminta gerai untuk menginstalkan OS dengan harga yang mahal, tetapi ternyata tetap palsu,” terangnya.

Tips Membedakan Sistem Operasi Asli dan Palsu (Foto: Forbes)
Tips Membedakan Sistem Operasi Asli dan Palsu (Foto: Forbes)

Untuk menghindari hal ini terjadi, Linda menyarankan pengguna untuk membeli perangkat yang sudah membawa sistem operasi secara pre-instal. Ini berarti produk yang dibeli hanya tinggal dipakai karena isi aplikasi serta programnya sudah tersedia.

Cara untuk mengenali yang palsu adalah sistem operasi tersebut tidak bisa diupgrade. Contohnya untuk Microsoft, perusahaan Redmond itu baru saja merilis Windows 10 sehingga OS Windows 7 dan 8 yang asli tentu bisa diupgrade ke W10. “Jika tidak bias, sudah dipastikan dia palsu,” tambah Linda pada okezone, Kamis (10/3/2016).

Kedua, sistem operasi tersebut juga tidak memiliki push notifikasi ketika pembaruan baru muncul. “Windows 10 kan terus diperbarui. Sistemnya akan memberikan pemberitahuan bahwa ada pembaruan, kalau tidak ada notifikasi bisa jadi palsu,” katanya.

Linda juga mengungkapkan bahwa penting bagi pengguna gadget menggunakan software yang asli. Dari segi keamanan, perlindungan, dan fitur yang ditawarkan, pengguna software asli bisa memanfaatkannya secara penuh. (An)

%d blogger menyukai ini: