Sketsa News
Home News Disbudpar Jateng Kembangkan 228 Desa Wisata

Disbudpar Jateng Kembangkan 228 Desa Wisata

Sketsanews.com – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jawa Tengah terus mendorong pemerintah daerah agar mengembangkan desa wisata. Jika ada potensi wisata baik budaya, alam, dan lainnya, agar dikembangkan.

Kepala Disbudpar Provinsi Jawa Tengah, Prasetyo Aribowo mengatakan, hingga bulan Maret 2016 sudah ada 228 Desa Wisata yang dibentuk dan tersebar di 26 Kabupaten dan Kota. Dari jumlah tersebut baru sekira 30 desa wisata yang layak dan siap dipromosikan secara masal.

FOTO DOKUMEN KOTHEKAN LESUNG
FOTO DOKUMEN KOTHEKAN LESUNG

“Kebanyakan ada di sekitar Candi Borobudur, Dieng, dan Pekalongan, mereka bahkan sudah ada paket wisata. Dan memang belum semua Kabupaten dan Kota punya desa wisata, maka terus kita dorong,” katanya, Jumat (11/03/2016).

Ia mengatakan, dari sejumlah desa wisata yang belum siap tersebut pihaknya juga terus melakukan pendampingan berupa pembentukan kelompok sadar wisata (podarwis). Kemudian memberikan pendampingan untuk pengelolaan dan promosi.

“Jadi pembinaan dan fasilitasi yang kita lakukan sifatnya masih ke hal-hal yang lunak, lebih banyak ke bimbingan teknis pengelolaan,” katanya. Seperti dilansir tribunnews.

Prasetyo menambahkan, pengembangan desa wisata ini berbeda dengan yang dilakukan oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Bapermades) Jateng. Menurutnya, desa wisata di bawah bimbingan Bapermades arahnya adalah pengentasan kemiskinan, sementara desa wisata di bawah bimbingan Disbudpar adalah pengembangan obyek yang sudah ada.

“Mulai tahun depan yang sudah layak jual akan kita usulkan ada dana stimulant, tapi kita juga sedang data akses jalan menuju lokasi obyeknya,” katanya. (An)

%d blogger menyukai ini: